Antisipasi Bencana, Dinas Sosial Kalsel Siagakan Tagana 24 Jam

BANJARMASIN - BMKG Kalsel yang telah mengeluarkan informasi kesiapsiagaan bencana air pasang atau ROB, juga menjadi perhatian Jajaran Taruna Siaga bencana (Tagana) Provinsi Kalsel dan Dinas Sosial Kalsel.

Koordinator Tagana Kalsel Achmadi, S sos yang juga Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Dinas Sosial Kalsel mengatakan, antisipasi tersebut dengan menyiagakan 24 jam Tagana di lima wilayah yang rawan seperti Banjarmasin, Tanah Laut, Tanah Bumbu, Barito Kuala dan Kotabaru yang berada di Pesisir Laut dan Pesisir Sungai.  

"Saat inipun kita masih siaga terus. Kapanpun datangnya bencana tersebut, kita siaga dan tidak lengah dalam menghadapi ini. Kita juga terus menyiagakan, termasuk juga peralatan-peralatan bilamana terjadi bencana hidrometeorologi, khususnya air pasang banjir ROB itu. Dan tidak hanya terjadi di Kota Banjarmasin, tapi juga di lima wilayah di Kalsel kita antisipasi dan waspadai terjadinya air pasang itu," ungkap Achmadi, Jum'at (4/2/2022).

Achmadi mengingatkan, agar masyarakat di Pesisir Laut dan Pesisir Sungai untuk tetap siaga dan jangan panic. Selain itu, memperhatikan peralatan listrik agar tidak terjadi konsleting.

"Kita menghimbau masyarakat yang berada di Pesisir Laut, kemudian di Pesisir Sungai-sungai, utamanya di Kota Banjarmasin. Kemudian yang di Sungai Barito, Sungai Martapura, bilamana terjadi air pasang, amankan dulu untuk peralatan listrik yang menggunakan aliran listrik. Karena dikhawatirkan akan terjadi konsleting listrik. Kemudian aman barang-barang. Kemudian jangan panik. Tetap tenang. Sabar menghadapi bencana ini. Dan jangan sampai kita menjadi korban bencana. Cari tempat yang lebih aman. Lakukanlah yang lebih baik untuk penyelamatan diri sendiri dan keluarga," Achmadi menambahkan.

Air pasang yang terjadi saat ini masih dinilai aman dan air cepat turun, namun harus tetap diwaspadai. Sedangkan beberapa daerah kantong bencana yang rawan banjir, juga tetap menjadi perhatian Jajarannya.(juns)
Lebih baru Lebih lama