Dua Seksi Di Bidang Linjamsos Belum Definitif, Namun Tetap Melakukan Kerja Maksimal

BANJARMASIN - Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam dan Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial, yang masuk dalam Bidang Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Kalsel, kata Kepala Bidang Achmadi, S Sos., saat ini belum ada Kapala Seksi (Kasi) Definitif, sehingga dirinya menjadi Pelaksana Tugas (Plt) untuk dua Seksi tersebut. Demikian diungkapkannya Senin (14/3/2022).

Namun demikian, tegas Achmadi,  dirinya sebagai Pembina Teknis Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kalsel, akan menyampaikan beberapa langkah-langkah strategis yang harus dilakukan bagi Kepala Seksi yang baru di Bencana Sosial Bencana Alam yang harus bekerja 24 jam.

Menanggapi Peringatan Dini BMKG Kalsel tentang Rawan Tanah Longsor di Kabupaten Kotabaru, itu menurutnya sebagai efek bencana Hidrometeorologi di Kalsel. Demikian juga dalam kegiatan memantau kondisi hujan yang ekstrem. Puting Beliung yang cukup kuat. Apalagi di Banjarmasin yang kemarin hingga Minggu malam (13/3/2022) terus hujan. Juga terus dilakukan Pemantauan terhadap bahaya banjir. Namun semuanya, ungkapnya tidak terlalu mengkhawatirkan, tapi pihaknya tidak boleh lengah.

"Jajaran Kita Tagana Kalimantan Selatan tidak boleh lengah. Kita terus memantau perkembangannya. Laporan-laporan dari kepemantauan Kabupaten dan Kota. Semuanya. Lini-lini terus dijaga dan motivasi terus diberikan. Untuk segera turun ke lapangan. Karena mereka berada di garis terdepan,” tegas Achmadi.

Disebutkan, mereka akan melaporkan apa-apa yang terjadi di lapangan dan langkah-langkah progresif apa yang harus dilakukan. Penanganan yang cepat sesuai arahan Gubernur. Pengurangan resiko bencana sangat penting.

“Kami akan terus melakukan langkah-langkah strategis untuk pengurangan resiko bencana melalui Lumbung Sosial, Kampung Siaga Bencana,  bantuan-bantuan lain yang bersifat mengisi kantong-kantong logistik pada Dinas Sosial di Kabupaten dan Kota di Kalsel. Sudah didroping semuanya,” Achmadi menambahkan.

Achmadi menyatakan, Jika dua seksi itu sudah terpenuhi, akan disampaikannya langkah-langkah strategis apa yang harus dilakukan ketika menangani bencana alam, bencana sosial, non alam.

Terkait Bencana Non Alam seperti Penanganan kasus Covid 19. Bidang Linjamsos akan melaksanakan Vaksinasi Bergerak pada 23 Maret 2022.

"Maka nanti tanggal 23 Maret 2022 kami melaksanakan kegiatan Vaksinasi Bergerak untuk tahap dua dan tiga. Tahap tiga adalah booster. Bahkan yang belum melaksanakan vaksinasi satu, juga akan kita lakukan untuk vaksinasi ini, dalam rangka percepatan penanganan Covid 19 di Kalsel," Achmadi menambahkan.

Dihimbau masyarakat bisa mengikuti kegiatan yang akan difasilitasi Dinas Sosial Kalsel yang direncanakan di bawah jembatan Benua Anyar di Pangkalan Kapal Taruna Siaga Bencana Kalsel. .(juns)
Lebih baru Lebih lama