Pola Hybrid Antisipasi Uniska Untuk Perkuliahan Disaat Pandemi

BANJARMASIN - Sesuai dengan Kalender Akademik, untuk perkuliahan semester genap 2022/2022 di Uniska  MAB dimulai hari Senin (7/3/2022).

Wakil Rektor 1 Uniska Muhammad Arsyad Al-Banjari Dr. H. Zainul, MM., mengatakan, kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang dilaksanakan dengan jumlah 50% dan memang tidak full, dan 50% lagi mengikuti secara online.

Dikatakan, ada dua fakultas di Uniska yang menunda PTMnya, yaitu Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik.

"Karena mereka itu menempati gedung baru. Di gedung baru itu memang dari segi fasilitas sudah lengkap. Namun yang masih harus dibenahi areal parkir dan juga jalan perlu ada pemadatan. Yayasan minta satu atau dua pekan bisa dimanfaatkan secara maksimal," ungkap Zainul.

Oleh karena itu menurut Zainul, untuk mengatasi hal ini, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik sampai tanggal 21 Maret 2022 masih online. Setelah itu baru PTM 50%.

Sebelumnya, di gedung baru di Handil Bakti Kabupaten Batola, Fakultas Pertanian dan Fakultas Kesehatan Masyarakat, sudah menempati gedung tersebut dan melaksanakan perkuliahan PTM 50% di sana.

Untuk kegiatan perkuliahan dengan PTM 50%, yang dilaksanakan di gedung lama maupun gedung baru, kata.Zainul, jika dalam proses pelaksanaan nanti ada yang terkonfirmasi covid, PTM dihentikan dan kembali ke perkuliahan online. 

"Kita beri batas sampai satu pekan dan nanti kembali ke PTM 50 persen seperti biasa. Jadi kita ini ibaratnya buka tutup. Kalau sudah sepekan, kembali ke PTM," Zainul menjelaskan 

Untuk Penerimaan Mahasiswa Baru sudah mulai dilaksanakan mulai 1 Maret 2022 untuk Tahun Akademik 2022/2023. 

"Mudah-mudahan nanti jumlah Mahasiswa yang diterima tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya," harap Zainul.

5 Fakultas di Uniska yang tetap berada di gedung lama seperti Fakultas Teknik Informatika, Fakultas Hukum, Fakultas Studi Islam, FKIP dan FISIP. 

Untuk PTM tersebut sesuai dengan jadwal perkuliahan, masuk pukul 08.00 wita, semuanya diserahkan kepada fakultas. Sedangkan Mahasiswa yang tidak dapat izin orang tua dapat mengikuti perkuliahan secara online.

Zainul berharap kepada semua Mahasiswa, supaya secara disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Supaya nanti PTM bisa berjalan lancar sesuai harapan bersama. Tanpa adanya kesadaran dan kedisiplinan Mahasiswa, sulit PTM dilaksanakan secara baik. Oleh sebab itu, protokol kesehatan harus dioptimalkan.(juns)
Lebih baru Lebih lama