Ikan Bakar Banjar Indah Dan Banjar Indah Catering Terus Berkembang Memenuhi Keinginan Masyarakat

BANJARMASIN - Bidang kuliner Ikan Bakar Banjar Indah dan Banjar Indah Catering, yang berdiri sejak tahun 1996, kata Sutjipto yang menggagas bersama Istrinya Ani, dimulai dari catering di rumah. Selanjutnya melayani catering beberapa perusahaan multinasional juga saat itu, termasuk di salah satu toko buku terbesar Gramedia. 

"Kemudian buka di depan rumah dan Alhamdulillah respon dari masyarakat sangat antusias dan dilanjutkan tahun 2001 di jalan raya Komplek Indah Permai sampai sekarang," kata Sutjipto menjelaskan. 

Sedangkan menu yang mereka sediakan, tegasnya, mungkin beda dibandingkan dengan rumah makan ikan bakar yang lain. 

"Karena kalau bicara ikan bakar. Ya ikan bakar saja. Tapi di sini juga tersedia ayam goreng tepung (Kentucky), kita juga siapkan daging rendang, ayam rendang dan bahkan sampai tempe bacem juga ada. Kalau mau rempeye. Ada juga malah," Sutjipto menambahkan, dan menyatakan juga bahwa ini perlu disosialisasikan juga karena sudah legend. Sudah berdiri lebih dari 20 tahun. 

Dikatakan, mungkin karena faktor publikasi, ada yang belum kenal, karena rumah makannya bukan produk baru, bukan baru berdiri, tapi sudah lama.

"Dan fakta sampai saat ini, Pelanggan setia masih cocok dengan menu yang ada," Sutjipto mengungkapkan.

Untuk waktu buka Rumah Makan yang terasa pendek, dari pukul 10.00 sampai dengan 14.00 wita, menurut Sutjipto, akan ditata lagi. Karena sudah waktunya perubahan generasi.

Disebutkan, Generasi pertama biasanya apa adanya jalan dan Alhamdulillah masih bertahan hingga hari ini. Ini sudah mulai kami turunkan ke generasi kedua. Semoga bisa melakukan satu perubahan yang ada.
Dari faktor tempat sudah menunjang untuk rencana buka sampai malam dan dari menupun juga mulai dari pagi, siang sampai malam. Artinya bisa buka sampai 3 shift. 

"Itu yang kita maksudkan tadi. Kita akan perbaiki secara menejerial. Siapa yang bisa bantu yang mengelola di sini untuk shift pagi. Siapa yang bisa kelola untuk shift siang. Dan siapa yang mengelola shift malam. Sehingga waktunya bisa efektif," kata Sutjipto. 

Sutjipto menyatakan, karena sarapan pagi di Banjarmasin juga diperlukan oleh masyarakat, termasuk yang mau ke kantor, apalagi  Di Banjarmasin hobi mewarung. Karena dengan 5 ribu rupiah bisa mendapatkan teh dan kue dan peluang ini yang akan diambil oleh Rumah Makannya. Sehingga pihaknya memberikan kemudahan untuk sarapan pagi tanpa harus repot-repot di rumah. 

"Siang kerja, anak sekolah, kerjaan banyak, sudah tidak usah repot-repot, beli sayur, cukup. Begitu juga kalau malam, pulang kerja juga masih perlu makanan. Menu yang siangpun masih bisa dipakai untuk malam. Bahkan sayur rumah makannya sampai malampun aman. Sambalpun masih aman," Sutjipto kembali menegaskan.

Rumah makan yang kini dikelola menantunya yang bernama Ella, saat ini semakin berbenah, seiring dengan tagline yang terus digaungkan.

"Kita pakai taglinenya rasanya memang pas. Saya nggak berani nyebut rasa enak, karena masing-masing punya cita rasa yang beda. Tapi tagline yang saya bikin di sini, Ikan Bakar Banjar Indah Rasanya Memang Pas," Sutjipto menegaskan.

Rencana Rumah Makan ini untuk buka sampai malam, kata Sutjipto, insyaallah secepatnya. Yang pasti generasi kedua sudah disiapkan. Tempatnya sudah ditata kembali. Ruang berAC ada di sebelah. Untuk catering siap. Untuk kumpul-kumpul juga siap. Harga masih terjangkau. Boleh dibandingkan dengan tempat yang lain. Rasa kita tonjolkan. Rasa, harga dan varian masakan silahkan dibandingkan dengan tempat lain.

Sementara itu, Ella, menantu Ibu Ani.
 Paket Berkah Ramadhan dengan harga paketan, perboxnya dari harga 15 ribu sampai 25 ribu rupiah. 

"Untuk paketan 15 ribu ada ayam tepung, mie dan sayur. Kalau untuk bakarannya kita diharga 25 ribu rupiah dan sayur-sayur yang lainnya. Untuk menu bisa dibicarakan bagaimana maunya. 
Kalau untuk paketan box minimal 20 pack. Kalau untuk catering dari 30 minimalnya," kata Ella.

Di bulan Ramadhan, Rumah Makan Banjar Indah ini buka dari jam 2 siang sampai jam 5 sore. Untuk bukla di waktu Sahur kata Ella, belum. Mayoritas kebanyakan bungkus.

Di Bulan Ramadhan ini juga disediakan es buah bungkusan seperti nenas. Menyediakan paketan Kotak untuk Berkah Ramadhan. 

"Untuk berbuka puasa ada paketan box  yang bisa dipesan H Min 1, supaya bisa koordinasi berapa banyak, termasuk catering, agar bisa menyediakan menunya. Jika bungkus, langsung saja karena menunya banyak," pungkasnya.(juns)
Lebih baru Lebih lama