Pasca Raker DPW FORSILADI Kalsel Siap Laksanakan Berbagai Kegiatan

BANJARMASIN - FORSILADI Kalsel sesuai namanya Forum Silaturahmi Doktor Indonesia akan menjalin silaturahmi multi dimensi dengan berbagai stakeholder di Kalsel dan persiapan partnership dengan IKN.

Dr Lyta Permatasari M.Si., selaku
Sekretaris Forsiladi Kalsel mengatakan,
SDM KALSEL harus memiliki database yang lengkap, seperti ahli apa,  ada di mana, dan jumlahnya berapa. Ini penting agar SDM KALSEL bisa berkontribusi untuk pembangunan IKN.

Disebutkan, ada aplikasi yang menyambung jaringan antara SDM dengan keperluan SDM, sehingga kita bisa menurunkan tingkat pengangguran, sekaligus meningkatkan serapan tenaga kerja juga.

"Namun lagi-lagi sebelumnya, SDM kita harus sesuai dengan standar nasional atau bahkan internasional," kata Lyta.

Dikatakan, Forsiladi Kalsel juga akan mendirikan Koperasi. 

"Koperasi dalam bentuk apa nanti masih akan kami rundingkan di tim kecil. Intinya koperasi ini bisa membantu warga masyarakat,  misal untuk menyiapkan modal usaha, yang tentunya hal ini perlu melibatkan Perbankan dalam penyiapan kredit usaha kecil, mikro, semisal dengan bunga yang rendah. Karena masyarakat kita punya jiwa dagang yang bagus, sehingga perlu difasilitasi agar bisa berkarya dengan maksimal," Lyta menambahkan.

Hal lainnya, menurut Lyta, adalah perlu bekerjasama dengan perbankan untuk lebih memperhatikan atau pro kepada UKM.

"Karena di sini banyak sekali masyarakat kita yang hobi dagang, tapi tidak punya modal. Mereka punya semangat yang bagus untuk berdagang, tapi mereka tidak memiliki modal . Bagaimana memfasilitasi ini, sehingga masyarakat bisa terbantu dan mereka bisa menjalankan usahanya. Otomatis tingkat kesejahteraan masyarakat juga meningkat," pungkasnya.(juns)
Lebih baru Lebih lama