Ragam Kegiatan Ta'mir Ramadhan Mesjid At Tanwir Banjarmasin

BANJARMASIN - Angkatan Muda Mesjid At Tanwir Banjarmasin, Sabtu (30/4/2022) melaksanakan kegiatan dengan membagikan 100 paket sahur untuk Kaum Dhuafa dan Fakir Miskin.

Ketua Angkatan Muda Mesjid At Tanwir Banjarmasin Azhar Ifani Al Alaby menjelaskan, kegiatan yang melibatkan sekitar 10 orang anggota dan 5 orang anggota wanita tersebut, berkeliling ke beberapa jalan.

"Startnya Kami dari Mesjid At Tanwir, terus menuju jalan Kayu Tangi melewati jalan Sultan Adam, terus seputar S. Parman sampai ke Pasar Lama. Berlanjut ke Kampung Melayu. Melewati Sungai Bilu. Terus sampai ke jalan Benua Anyar. Terus kembali lagi ke Mesjid At Tanwir," kata Azhar.

Sedangkan Ketua Ta'mir Mesjid At Tanwir H Nurdin Mubarak mengatakan, kegiatan rutin setiap tahun untuk berbagi dengan masyarakat, terlebih sudah berada di 10 malam terakhir Ramadhan. 

"Mudah-mudahan ini jadi  berkah buat kita seberataan. Kami applaus dengan para pemuda yang telah melaksanakan kegiatan, baik itu untuk pembinaan mental para Generasi Muda dan ini bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan kita dukung kegiatan Generasi Muda Mesjid At Tanwir," ungkap H Nurdin.

Dijelaskan, untuk Kegiatan Ramadhan di Mesjid At Tanwir setiap hari buka puasa bersama,  malam hari  setelah shalat isya berjamaah ada Tausiah, Tadarus dan 10 malam terakhir Ramadhan I'tikaf di Mesjid dan makan sahur bersama.

Pada pagi Sabtu (30/4/2022) terlihat banyak Jemaah Mesjid menikmati santap sahur dengan menu Kambing Ami Saleh.

"Ini acara I'tikaf malam ke 29. Sesuai dengan program Pengurus Mesjid, bahwa kita sahur bersama dan seluruh Jemaah diharapkan hadir untuk makan sahur bersama. Ini kebetulan ada Kambing Ami Saleh. Luar biasa. Untuk seputar Sultan Adam, orang tahu semua sudah Kambing Ami Saleh. Jadi makanya bubuhan Jemaah ini semangat makan sahurnya," tambah H Nurdin menjelaskan.

Mendekati Idul Fitri, H Nurdin selaku Ketua Pengurus Mesjid At Tanwir mengajak semua lapisan masyarakat untuk berbagi bersama,  mengeluarkan zakat, infaq dan shadaqah. 
sudah kita bentuk. 

"Panitia sudah melaksanakan. Silakan datang ke Mesjid At Tanwir. Kemudian mari kita sama-sama untuk tanggal 2 Mei 2022 untuk Shalat Ied bersama-sama di halaman Mesjid At Tanwir," imbau H Nurdin.

Ada hajat yang besar dari Pengurus Mesjid yaitu melakukan renovasi, karena sejak 1998 Mesjid At Tanwir belum pernah direnovasi. Sejak dua bulan yang lalu, sudah dibentuk panitia renovasi, dengan kegiatan renovasi bagian depan mesjid, samping dan kubah mesjid, dengan anggaran 1,2 miliar rupiah dan sudah berjalan hampir 20 persen.

"Kami imbau kepada Kaum Muslimin dan Muslimat supaya dapat menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu kegiatan renovasi ini," imbau H Nurdin.

Dalam bekerja memakmurkan mesjid, katanya Pengurus maupun anggota secara bersama-sama. Keputusan bersama. Inisiatif bersama. Didiskusikan. Dikomunikasikan. Di tingkat Pimpinan ada Penasehat. Sehingga langkah-langkah kegiatan sudah sesuai dengan hasil musyawarah mufakat bersama Penasehat. Ada Ketua Ranting beserta Anggotanya. Semua yang dikerjakan berdasarkan hasil musyawarah yang telah diputuskan. Sehingga diharapkan semuanya dapat berjalan dengan baik. Karena pada intinya, tegas H Nurdin, bagaimana memakmurkan mesjid At Tanwir dan masyarakat dalam beribadah merasa tenang, aman dan nyaman.***(juns)
Lebih baru Lebih lama