Banyak Keutamaan Bulan Syawal

BANJARMASIN - Saat ini Kita masih berada dalam lingkup Bulan Syawal 1443 Hijriyah.

Banyak Keutamaan Bulan Syawal yang momentum ini dapat Kita pergunakan untuk kehidupan ini.

Mari simak dan renungkan bersama.


*Keutamaan Bulan Syawal*
*1. Bulan Peningkatan Ibadah*
Syawal adalah bulan peningkatan amal kebaikan, oleh karena itu, kita diharapkan bisa terus meningkatkan kualitas ibadah setelah satu bulan sebelumnya menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan juga di bulan-bulan selanjutnya.

*2. Bulan Fitrah*
Syawal adalah bulan kembalinya umat muslim kepada fitrahnya setelah selama sebulan penuh di Bulan Ramadhan digembleng menjalankan puasa dan ibadah lainnya.
Dengan catatan, ibadah puasa yang dijalaninya dilakukan dengan sungguh-sungguh dan penuh keimanan.

*3. Puasa 6 Hari di Bulan Syawal Pahalanya Setara Puasa Setahun*
Dari Tsauban, bekas budak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Barangsiapa berpuasa enam hari di bulan Syawal setelah Idul Fithri, maka ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Karena siapa saja yang melakukan kebaikan, maka akan dibalas sepuluh kebaikan semisal.” (HR. Ibnu Majah no. 1715. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadis ini shahih).

*4. Bulan Baik untuk Menikah*
Seperti yang dikisahkan dalam hadits muslim dari istri rasulullah Saw yaitu Aisyah RA. 
“Rasulullah SAW menikahiku saat bulan Syawal dan mengadakan malam pertama dengan aku di bulan Syawal. Manakah istri beliau yang lebih mendapatkan perhatian selain aku?” (HR. Muslim, An Nasa’i).

*5. Bulan Silaturahim*
“ Tidak halal bagi seorang muslim tidak menegur sapa terhadap saudara muslim lainnya melebihi tiga malam. Keduanya berjumpa tapi saling berpaling. Dan yang paling baik di antara keduanya yang memulai mengucapkan salam.”  (HR. Abu Daud).

*6. Bulan Keceriaan*
Keutamaan lainnya dari bulan Syawal adalah, bulan penuh keceriaan. Di bulan Syawal,  seluruh umat Islam harus merasa bahagia. Maka, bagi masyarakat yang tergolong miskin mendapatkan zakat fitrah dari para Muzakki.***(juns)
Lebih baru Lebih lama