Dihari Yang Fitrah, Hari Yang Suci, Hari Yang Mengembalikan Asal Muasal Diri Kita, Fitrah

BANJARMASIN - Umat Islam Banjarmasin dan sekitarnya, Senin (2/5/2022) mengikuti Shalat Ied di Halaman Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Khotbah ied yang berjudul Meraih Keampunan Dihari Yang Fitri, disampaikan oleh KH Ahmad Mulkani.

Disebutkan, sekarang kita berada di awal bulan Syawal di hari raya yang mulia, hari raya yang agung, hari raya idul Fitri, di mana berkumandang Takbir dan
menggemaTahlil Tahmid. Semuanya adalah untuk mengagungkannya Allah SWT. 
Hari ini hari fitrah yang mengembalikan asal muasal kita, dengan berbakti kepada Allah SWT.

"Dihari yang fitrah ini. Dihari yang fitri ini. Hari yang suci. Hari yang mengembalikan kita pada asal muasal diri kita, yaitu fitrah yang Allah SWT ciptakan. Apa fitrah tersebut? Yaitu mengenang Allah. Berbakti kepada Allah.  Memberikan semua yang kita punya untuk Allah. Kita bersyukur pada Allah. Kita masih bisa memakai pakaian baru. Berapa banyak kaum muslimin dan muslimat dihari ini tidak bisa membeli pakaian baru. Kita masih mempunyai makanan. Berapa banyak di belahan benua lain, dimana mereka tidak mendapatkan makanan. Kita merasa tentram dan aman. Berapa banyak yang pada hari raya ini tidak merasa tentram dan tidak merasa aman. Ini anugerah Allah. Karunia Allah SWT," pesan KH Ahmad Mulkani.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dalam kata sambutannya menyampaikan, 
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah. Semoga amal ibadah kita yang kita laksanakan di Bulan Suci Ramadhan, mendapatkan pahala dan ganjaran yang berlipat dari Allah SWT.

"Dan hari ini benar-benar hari yang suci, hari yang fitrah bagi kita Kaum Muslimin di Kalsel, di Indonesia dan bahkan di seluruh dunia," ungkap Gubernur.

Disebutkan, tentu saja kalau ada hal yang kurang berkenan ataupun apa saja dalam rangka dirinya memimpin Kalimantan Selatan, Sahbirin menyampaikan ampun dan maaf untuk semuanya.

Kemudian Gubernur bershalawat. Dan mengharapkan dengan Shalawat untuk Baginda Rasulullah SAW, membuat Banua Kalimantan Selatan menjadi aman, nyaman, indah, bahagia dan sejahtera dalam lindungan Allah SWT.

Sedangkan Panitia menyampaikan, zakat fitrah yang diterima mencapai 78 juta 640 ribu rupiah dan dibagikan untuk 1.149 orang penerima. Selama Bulan Ramadhan, berhasil dilaksanakan Vaksin booster, yang merupakan kerjasama Kapolda dengan Kemenag Kalsel dan tercapai 1000 vaksin.***(juns)
Lebih baru Lebih lama