Kesiapsiagaan Dinas Sosial Kalsel Melalui Tagana Dan Pelopor Perdamaian

BANJARMASIN - Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Pelopor Perdamaian Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan selalu siap siaga dalam mengatasi persoalan bencana alam maupun non alam.

Kabid Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Provinsi Kalsel Achmadi S.Sos kepada RRI mengatakan, kesiapsiagaan tersebut juga didukung adanya lumbung-lumbung sosial di berbagai Kecamatan di berbagai Kabupaten di Kalsel. Sehingga saat terjadi banjir bandang pada saat liburan panjang tadi di Desa Cantung Kecamatan Hampang Kabupaten Kotabaru, dapat diatasi dengan cepat dengan adanya lumbung sosial tersebut. Sehingga 25 KK dengan 137 jiwa bisa diatasi.

“Artinya masih bisa diatasi dan kebetulan kita juga mendirikan lumbung sosial yang berada di Kecamatan Hampang. Alhamdulillah, stoknya bisa memberikan bantuan tanggap darurat pertama bagi warga yang terdampak bencana banjir bandang. Ada 25 KK dengan 137 jiwa, sudah bisa diatasi, karena tadi adanya keuntungan kita mendirikan lumbung sosial di sana,” ungkap Achmadi, Senin (9/5/2022) di Kantornya.

Untuk lumbung sosial ini, Ketua Forum Tagana Provinsi Kalsel Made mengatakan, dibangun di Kelurahan maupun di Kecamatan. Dalam kegiatan tersebut, oleh pihaknya menurut Made, juga diberikan bekal pembinaan SDMnya.

“Lumbung sosial itu istilahnya pertolongan pertamanya, yang dimiliki oleh Kecamatan maupun Kelurahan, yang sering terdampak bencana. Kita drop barang logistiknya beserta kita berikan pembinaan di bidang SDMnya. Bagaimana cara pendirian dapur umum mandiri, bagaimana pendirian selter atau tempat pengungsian. Terus lagi tidak kalah penting adalah bagaimana cara pendataan atau asesmen,” ungkap Made, menjeaskan.

Persoalan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) juga menjadi perhatian Dinas Sosial Kalsel, yang menurut Achmadi, pihaknya telah mengantisipasi hal tersebut dengan mewaspadai daerah-daerah yang sering terjadi karhutla seperti Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Barito Kuala.

“Semua Komponen yang ada di Dinas Sosial Provinsi Kalsel maupun di Kabupaten dan Kota, kita kesiapsiagaan dalam rangka menghadapi Karhutla. Mudah-mudahan tidak separah tahun-tahun yang lalu seperti 2015 yang cukup banyak asap dan segala macam. Mudah-mudahan ini tidak seperti itu,” harap Achmadi.

Untuk kegiatan Linjamsos dengan Jajaran Tagana dan Pelopor Perdamaiannya, juga akan terlibat dalam penyediaan 3 ribu makanan untuk Jemaah Haul Datuk Kelampayan yang akan dilaksanakan di Gedung Mahligai Pancasila Kamis 12 Mei 2022 pukul 10.00 wita. Untuk kegiatan ini, pihaknya tambah Achmadi, mulai Rabu 11 Mei 2022 melakukan langkah-langkah progresif apa yang harus mereka lakukan, agar kegiatan tersebut berjalan lancar.***(juns)
Lebih baru Lebih lama