Liburan Menyenangkan, Tapi Distribusi Barang Tertunda

BANJARMASIN - Setelah libur Idul Fitri dan Cuti Bersama, masuk kantor, dan kini libur lagi sejak Sabtu, Minggu dan Senin (14,15,16 Mei 2022) hari ini. Menurut Pengusaha Distribusi Barang, Sutjipto, pasti karyawan senang. Hal ini dikarenakan bisa istirahat, tidak tegang memikirkan pekerjaan.

"Awal bulan sudah libur Cuti Bersama, masuk sebentar, libur lagi. Itu karyawan pasti suka. Pasti kalau bicara libur panjang berdampak. Produk yang ada harus ditawarkan ke toko. Untuk menawarkannya harus melalui kunjungan. Paling tidak melalui sosial media. Atau komunikasi lewat telepon. Kalau yang kerja saja libur. Biasanya tidak memperhatikan pekerjaan lagi. Bahkan orang yang minta barang, diorder di hari Sabtu, kalau Senin tanggal merah, tidak terkirim juga. Selasa baru bisa diantar. Tapi jalani saja. Kalau kita takut pada keadaan, berarti kita belum siap untuk hidup," tegas Sutjipto, pemilik Cv. Banjar Indah.

Libur hingga hari Senin (16/5/2022) dirasakan dampaknya karena kantor tutup semua. Menurut Rochim, Pemilik Thunder Chicken, urusan agak bermasalah karena libur panjang. 

"Tapi kembali lagi karena memang sudah jatuhnya di hari yang berdekatan dengan weekend, hari bersantai. Yang tidak ada pilihan lagi. Mau tidak mau. Resiko pasti ada. Kendala pasti ada. Pengiriman barang-barang dari jauh, pasti terkendala. Tapi nggak papalah. Nggak berlangsung terlalu lama juga. Nggak setiap tahun seperti ini. Hanya sesekali. Kalau saya nggak masalah. Yang penting, jangan dibikin panjang-panjang lagi. Kalau dibikin lebih panjang lagi. Itu yang lebih bahaya," ungkap Rochim.

Menurutnya, untuk Grand Opening Cabang baru, Selasa (17/5/2022) persiapan bahan baku dan segala macam sudah dipersiapkan lebih awal. Jadi untuk Grand Opening hanya persiapan SDMnya. Khusus untuk kegiatan usahanya, tidak  ada kendala. Karena sudah sejak awal dipersiapkan. 

"Walaupun beberapa urusan berkaitan dengan kantor-kantor di Dinas agak bermasalah. Namun untungnya, yang penting-penting sudah dipersiapkan dari awal, sehingga kalaupun ada kendala, hanya kendala kecil dan tidak terlalu berimbas pada acara Grand Opening besok (Selasa 17/5/2022)," Rochim menegaskan.

Sedangkan Wita, Yang bekerja di Bank BCA Kantor Cabang Utama Banjarmasin menyatakan, dirinya termasuk orang yang suka dengan hari libur, karena bekerja di Perusahaan yang memiliki jam kerja dari jam 8 hingga jam 5 sore, terkadang membuat jenuh, belum lagi ditambah dengan lembur yang tidak terduga. 

"Maka hari libur sangat berharga untuk digunakan beristirahat, refreshing, kumpul dengan keluarga. Jadi kembali ke kerjaan sudah dalam keadaan fresh dan siap melanjutkan untuk menjalani hari," ungkap Wita.***(juns)
Lebih baru Lebih lama