Momentum Meningkatkan Taqwa

BANJARMASIN - Tibanya Idul Fitri, Alhamdulillah sebagai tanda kita mengakhiri ibadah/amal sholeh di bulan Romadhon dengan selamat.

Mudah-mudahan ibadah/ amal sholeh yang kita kerjakan memperoleh ridho dan rahmat Allah subhanahu waTa'ala.

Umi Marwah mengajak, memasuki bulan Syawal, kita harus berusaha meningkatkan ibadah/amal sholeh yang lebih baik.
Bulan syawal merupakan momentum yang sangat baik untuk meningkatkan taqwa.

Untuk mengupayakan hidup kita lebih taqwa, manfaatkan akal sehat, hati suci, jiwa normal dan potensi-potensi lainnya untuk mencerna kandungan Al-Qur'an lebih intens dan optimal.

"Kita berupaya setiap hari selalu membaca/ mencerna Al-Qur'an sesuai kemampuan.
Dengan memohon rahmat Allah subhanahu waTa'ala, insyaa Allah akal sehat dan hati suci serta jiwa yang normal dan potensi-potensi lainnya masih dapat meraih taqwa yang lebih kokoh," ungkap Umi.

Ada 5 implementasi taqwa yang kokoh, yaitu :
1. Mengerjakan sholat fardhu selalu berjamaah di masjid diawal waktu.
Bila tidak ada uzur , kita berupaya melakukannya.
2. Meningkatkan berbuat kebajikan kepada banyak orang, utamanya kepada saudara dan kerabat terdekat.
Kita lakukan hal-hal yang meyenangkan kepada mereka dengan sikap dan tutur kata yang baik, serta pemberian yang diperlukan bagi yang mengalami kesulitan sesuai keikhlasan.
3. Melakukan kebajikan-kebajikan kepada masyarakat luas tanpa pamrih.
4. Mengerjakan puasa sunnah 6 hari di bulan syawal.
5. Mengerjakan sholat sunah rowatib, sholat fajar, sholat dhuha dan sholat tahajjud setiap malam, serta menyantuni anak yatim dan fakir miskin.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَلَـقَدْ ذَرَأْنَا لِجَـهَنَّمَ كَثِيْرًا مِّنَ الْجِنِّ وَا لْاِ نْسِ ۖ لَهُمْ قُلُوْبٌ لَّا يَفْقَهُوْنَ بِهَا ۖ وَلَهُمْ اَعْيُنٌ لَّا يُبْصِرُوْنَ بِهَا ۖ وَلَهُمْ اٰذَا نٌ لَّا يَسْمَعُوْنَ بِهَا ۗ اُولٰٓئِكَ كَا لْاَ نْعَا مِ بَلْ هُمْ اَضَلُّ ۗ اُولٰٓئِكَ هُمُ الْغٰفِلُوْنَ
wa laqod zaro-naa lijahannama kasiirom minal-jinni wal-ingsi lahum quluubul laa yafqohuuna bihaa wa lahum a'yunul laa yubshiruuna bihaa wa lahum aazaanul laa yasma'uuna bihaa, ulaaa-ika kal-an'aami bal hum adholl, ulaaa-ika humul-ghoofiluun

"Dan sungguh, akan Kami isi Neraka Jahanam banyak dari kalangan jin dan manusia. Mereka memiliki hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka memiliki mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengarkan (ayat-ayat Allah). Mereka seperti hewan ternak, bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lengah."
(QS. Al-A'raf 7: Ayat 179).

Firman Allah tersebut harus memotivasi kita untuk memanfaatkan hati, mata, dan telinga kita untuk memahami ayat-ayat Allah SWT sehingga semakin taqwa.
Kerjakan perintah-perintah Allah subhanahu waTa'ala lebih baik daripada sebelumnya.
Tinggalkan larangan-laranganNya.
Jadikan momentum Syawal untuk meningkatkan taqwa.

Semoga atas rahmat Allah subhanahu waTa'ala kita menjadi orang beruntung dan penghuni surga-Nya.
*Aamiin yaa Robbal 'aalamiin.*🤲🤲(juns)
Lebih baru Lebih lama