PDAM Bandarmasih Kunjungi Kawasan Tanjung Berkat Dan Tanjung Pagar Untuk Pastikan Distribusi Air Yang Terganggu Dan Bantu Dengan Memberi Tandon Air


BANJARMASIN - Setelah dievaluasi tadi malam dan didatangi oleh Pihak PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin, menurut Humas M Nur Wahid, ternyata masih ada dua RT yang masih belum sampai airnya di Kelurahan Teluk Tiram, akibat dari tekanan PDAM kurang dari WTP atau pabrik airnya.

Dikatakan, tekanan pompa Cuma berani 2,6, yang berdampak daerah Banjarmasin Barat dan Banjarmasin Selatan mengalami drop atau kekurangan tekanan. Disebutkan, kalau pompanya dinaikkan sampai 3, tidak berani. Tapi kalau dinaikkan 2,8 maka pipa akan pecah.  Kalau pipa induk pecah, berarti semua wilayah akan mati atau tidak mengalir airnya selama beberapa jam atau bisa sampai dua hari.

“Jadi untuk wilayah Tanjung Berkat dan Tanjung Pagar tadi malam, sudah kita sepakati, kalau untuk daerah-daerah yang kritis, kita pasang tandon-tandon air yang kami kirim pakai tangki. Ini hari sudah dua di sana kita kirim. Selanjutnya nanti kita akan pasang tendon air di RT 12 dan RT 13. Jika dikatakan PDAM tidak peduli, tidak juga, karena sebelum hari raya sebelum tanggal 5 sempat mengalir, tapi kembali lagi karena air kita drop, berdampak pada tekanan di daerah-daerah pinggiran kota Banjarmasin, tidak mendapatkan air,” ungkap Humas M. Nur Wahid, Sabtu (7/5/2022).

Kalau ditanya kenapa pipanya tidak diganti, karena alasan pertama tidak ada uangnya. Yang kedua, walaupun yang namanya PT, tapi kalau penyertaan modal tidak ada, ya beginilah.

“Idealnya segera penggantian pipa (PDAM) dari jalan Akhmad Yani menuju ke Tower dan menuju ke beberapa wilayah. Kira-kira 
Anggaran 2x70 atau 140 milyar diperkirakan 
diperlukan dana. Sementara kita tidak ada penyertaan modal yang masuk, baik Kota, Provinsi, apalagi Pusat. Bagaimana Provinsi bisa mengasih, kalau Kota tidak memberikan penyertaan modal. Dan sebaliknya juga Pusat. Tidak akan memberi, kalau daerah tidak memberikan penyertaan modal,” tambah M. Nur Wahid.

Dikatakan, pihaknya siap mengganti. Pihaknya juga menunggu izinnya dari Balai Jalan Nasional untuk penggantian pipa tersebut. Pipa 630 akan dibesarkan menjadi 800. Pipa dari jalan Ahmad Yani ke jalan Sutoyo S atau Tower. Sudah ada beberapa agenda yang akan dilakukan Jajaran PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin pada tahun ini.

“Mudah-mudahan Allah SWT memberikan kelancaran dan mudah-mudahan Allah SWT memberikan rezeki untuk PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin,” pungkas Wahid.(juns)   
Lebih baru Lebih lama