Wawancara Terakhir Bang Dino Dengan Almarhum Kang Donny Suhendra (Gitaris Krakatau Band Dan Syaharani & QueenFireWorks)

BANJARMASIN - Inilah catatan kebersamaan yang dilakukan Bang Dino bersama Kang Donny, seperti diungkapkannya pada chat WhatsApp yang saya terima.

*PROSES TEKNIK IMPROVISASI DALAM MUSIK JAZZ* 
*INTERVIEWED BY: DINO SIRAJUDIN*

Tak terasa sampai hari ini {23 Juli 2022) sudah 34 hari sejak meninggalnya Kang Donny Suhendra, Minggu 19 Juni 2022. 

Beliau adalah seorang Gitaris Jazz Legendaris Indonesia antara lain bermain di Grup Musik Jazz  Krakatau Band bersama Indra Lesmana (Keyboard), Dwiki Dharmawan (Keyboard), Pra Budi Dharma (Bass), Gilang Ramadhan (Drums), dan Trie Utami (Vocal). Selain itu, Beliau juga bermain dalam Grup Jazz Syaharani & QueenFireworks.

Sebagai seorang Sahabat yang sudah Saya (Bang Dino) anggap sebagai Kakak sendiri sekaligus sebagai Guru, saya tentu sangat dekat dengan Almarhum.

Sebelum Beliau meninggal dunia, Saya sempat mendokumentasikan pembicaraan pribadi Saya dengan Almarhum, seputar musik, khususnya tentang bagaimana proses teknik berimprovisasi saat Beliau memainkan Musik Jazz.

Percakapan tersebut berlangsung pada tiga tahun yang lalu, tepatnya hari Minggu 8 Desember 2019, saat Beliau berkunjung ke Kediaman Saya yang sederhana di Banjarmasin.

Video tersebut tadinya hanya dimaksudkan sebagai dokumentasi pribadi Saya saja, tidak untuk dishare. Namun, karena Kang Donny Suhendra sudah berpulang ke Rahmatullah, akhirnya Saya memutuskan untuk membagikannya di YouTube. Hal ini karena dalam video tersebut terdapat ilmu pengetahuan dan pengalaman Beliau yang sangat bermanfaat untuk diketahui publik.

Dengan membagikan video tersebut di YouTube dan membuat banyak orang dapat mengambil kebermanfaatannya, mudahan-mudahan Almarhum Kang Donny Suhendra mendapatkan amal pahala yang berlimpah. Hal ini karena Beliau sudah membagikan ilmu pengetahuan dan pengalamannya di bidang musik. Di mata Saya, Beliau memang tipe orang yang tidak pelit untuk berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman.

Lagi, sebagai seorang Sahabat yang sudah saya anggap sebagai Kakak sendiri sekaligus sebagai Guru, saya tentu sangat merindukan Beliau.

Semoga Sang Kholiq memberikan kemudahan, ketabahan dan keikhlasan kepada pihak keluarga yang ditinggalkan. Aamiin Yaa Robbal ‘Alamin.

Salam,
Dino Sirajudin

https://youtu.be/W_VX7vX0jsQ
Lebih baru Lebih lama