KKN UNISKA MAAB Aktualisasikan MBKM

BANJARMASIN - Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai agenda rutin UNISKA MAAB sebagai salah satu program mengaktualisasikan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM). 

Wakil Rektor Satu UNISKA MAAB Dr H Mohammad Zainul SE MM kepada RRI mengatakan, pihaknya akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kuantitas maupun kualitas kegiatan KKN, sehingga hasil yang didapatkan, bisa dirasakan langsung oleh masyarakat luas.

Sebelum KKN, dilakukan survey bekerjasama dengan Pemerintah Daerah setempat dan melakukan kerjasama, kemudian Pemda menentukan lokasi KKN yang tepat dan ideal.

“Kita tidak serta merta langsung melakukan KKN. Kalau kita sudah melakukan survey dan sebagainya, lalu kita melakukan kerjasama dengan Pemda. Nanti Pemda akan menentukan kira-kira lokasi yang paling tepat paling ideal untuk dijadikan lokasi KKN itu di mana saja. Setelah itu baru nanti kita melakukan peninjauan lapangan,” ungkap Zainul.

Kegiatan KKN untuk Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022 sudah dimulai sejak Selasa 9 Agustus 2022 hingga satu bulan kedepan. Menurut Dr Nurul Listiyani SH MH, selaku Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UNISKA MAAB, dengan lokasi KKN yang terletak di Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar, Kalsel, yaitu Kecamatan Basirih Selatan, Kecamatan Beruntung Baru dan Kecamatan Aranio. Para Mahasiswa membuat Program Kerja Wajib dan Program Kerja Pilihan.

“Mereka membuat Program Kerja. Ada Program Kerja Wajib dan Program Kerja Pilihan. Program Kerja Wajib berkaitan dengan tema Keislaman. Sedangkan Program Kerja Pilihan itu berkaitan dengan tema KKN itu sendiri. Yang berkaitan dengan permasalahan-permasalahan ekonomi, lingkungan dan hal-hal yang menjadi kebutuhan masyarakat,” ungkap Nurul.

Jumlah peserta KKN 1.178 orang, yang diikuti 342 orang Mahasiswa dari Prodi Administrasi Publik, 21 orang Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, 59 prang Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling, 41 orang Mahasiswa Prodi Pendidikan Olahraga, 388 orang Mahasiswa Prodi Ilmu Hukum, 7 orang Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah, 9 orang Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasyah Ibtidaiyah, 64 orang Mahasiswa Prodi Teknik Mesin, 136 orang Mahasiswa Prodi Teknik Sipil, 24 orang Mahasiswa Prodi Teknik Elektro, 51 orang Mahasiswa Prodi Manajemen, 14 orang Mahasiswa Prodi Agribisnis, dan 11 orang Mahasiswa Prodi Peternakan.

Informasi lainnya yang anda perlukan, dapat mengakses di Website UNISKA : http://uniska-bjm.ac.id/ 
Sedangkan email Uniska: 
admin@uniska-bjm.ac.id ***juns
Lebih baru Lebih lama