Kurikulum Merdeka Berubah Diterapkan Dalam Pembelajaran Kelas Tujuh Di SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin

BANJARMASIN - Dalam pembelajaran di Tahun Pelajaran Baru 2022/2023 saat ini, sekolah mendapatkan pilihan untuk melaksanakan Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini ada beberapa pilihan, yaitu : Kurikulum Merdeka Belajar, Merdeka Berubah dan Merdeka Berbagi. 

Untuk SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin kata Kepala Sekolah Jumansyah SPd I, sekolahnya menggunakan Kurikulum Merdeka Berubah. 

"Kalau yang Berubah ini kita tergantung situasi dan kondisi sekolah. Total Berubah. Berubah dari segi pembelajaran. Kami menggunakan untuk Kelas Tujuh dulu," kata Jumansyah.

Pembelajaran yang dimulai sejak hari pertama belajar, sudah menggunakan Kurikulum Merdeka Berubah. Sedangkan untuk Kelas Delapan dan Kelas Sembilan masih menggunakan Kurikulum 2013. 

"Untuk Kurikulum ini, situasinya saja yang berubah. Sistem mengajar gurunya yang berubah. Kalau dulu kita dalam mengajar itu harus habis dalam segi materinya, tapi kalau ini kita tidak dituntut seperti itu. Sampai di mana kemampuannya, ya sudah selesai. Pada intinya Merdekalah. Bebas untuk menentukan itu," Jumansyah menjelaskan.

Menyinggung pembelajaran di ruang terbuka, kata Jumansyah, pihaknya merubah suasana dalam konteks ini, agar Siswa tidak jenuh, dan pembelajaran ini membawa suasana anak didik merasa nyaman.***juns
Lebih baru Lebih lama