IWK Malaysia Lanjutkan Pembinaan Untuk Perumda Pald Banjarmasin

BANJARMASIN - Kerjasama operasional operator dengan Indah Water Konsorsium (IWK), sebagai pembimbing yang melatih Jajaran Perusahaan Umum Daerah Pengelola Air Limbah Domestik (Perumda Pald) Banjarmasin.

Manager Teknik Deris Kusdinar ST kepada RRI mengatakan,  lanjutan kegiatan di bulan-bulan berikutnya seperti Agustus 2022 tadi, IWK melanjutkan memberikan asesmen atau pelatihan melalui zoom meeting melalui empat kegiatan.

"Sudah menghasilkan penilaian yang namanya Kerangka Penilaian Kompetensi. Dari hasil bimbingan mereka sudah ada di situ, yakni bagaimana kita menilai kompetensi karyawan kita. Kemudian kita menyusun pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kompetensi karyawan kita," kata Deris.

Disebutkan, IWK juga telah menyampaikan sistem yang ada secara zoom meeting menyangkut operasional dalam sistem jaringan maupun Ipalnya. Yang secara detail, banyak ke arah jaringan.

Untuk Operator-operator Penyedotan mengenai regulasi-regulasi dan pelatihan mengenal sistem septic tank, terkait awal perencanaan, operasional septic tank, hingga kapasitas septic tank.

"Teman-teman Operator sudah diberi informasi atau pelatihan, Walaupun sementara ini melalui zoom meeting itu," Deris menambahkan.

Sedangkan untuk kegiatan bulan September ini masih berlanjut zoom meeting dengan IWK Malaysia untuk bidang SDM yang menyimpulkan jenis-jenis pelatihan yang akan diberikan, yang dilakukan secara in house training maupun mencari tempat-tempat pelatihan di luar.

Sementara itu, Manager Umum Ros Ayu Inta Anggraini SR MM menyatakan, berkaitan dengan Bidang SDM yang dibina oleh IWK Malaysia menyangkut Matrix Kompetensi dan Gap Penilaian.

“Ke SDM mau dilihat Gapnya. Misal pelatihannya seperti apa nanti? Terus Pemetaan Kompetensi. Matrix Kompetensi di situ. Antara dia seharusnya dengan eksesting sekarang seperti apa? Adakah gap penilaian di situ. Nah di situlah kita memberikan pelatihan untuk orang tersebut,” pungkas Ayu.***juns
Lebih baru Lebih lama