Kurikulum Merdeka Membuat Anak TK Dan PAUD Akan Lebih Nyaman

BANJARMASIN - Model pembelajaran yang dikembangkan di Indonesia terbiasa dengan pembelajaran- pembelajaran di era lampau. Era ini kata Dr Yanuar Bachtiar SE MSi, dengan pengertian Guru itu adalah menjadi satu-satunya yang harus kita acu. Namun dengan kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, sekarang tidak lagi.

"Demikian begitu juga yang menurut pengalaman saya di luar negeri bahwa untuk TK dan PAUD itu sebenarnya mereka dibebaskan dalam pengertian tidak boleh dipaksa untuk misalnya harus bisa membaca harus bisa berhitung dan sebagainya, dan itu dipolakan dengan cara-cara merdeka," ungkap Yanuar.

Disebutkan,  seperti waktu dirinya berada di Prancis, seorang anak dengan label TK atau label PAUD itu, mereka dengan bebasnya di dalam ruangan yang juga dibentuk seperti di dalam rumah.

"Sehingga mereka merasa nyaman, mereka seolah-olah di dalam rumah, padahal mereka sudah dipandu untuk bisa belajar mengenal huruf  dan lain sebagainya," Yanuar menjelaskan.

Merdeka Belajar di luar negeri sudah lama, tapi di Indonesia seperti model baru,  padahal di negara barat khususnya, sudah dilaksanakan.

Hal ini menurut Yanuar, juga tidak perlu dikhawatirkan orangtua, bahwa anak akan tidak bisa membacanya dan berhitung.
Karena Menteri Nadim Makariem merupakan mantan Mahasiswa dari luar negeri yang juga memperhatikan juga hal-hal yang demikian.***juns
Lebih baru Lebih lama