Pengurus SMSI Kalsel Dilantik, Ibnu Sina Mengharapkan Bisa Menjadi Mitra Pemerintah Daerah, Pemerintah Kota Maupun Provinsi

BANJARMASIN - Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina SPi MSi mengucapkan Selamat dan sukses untuk Semua Pengurus SMSI Kalsel yang dilantik, Sabtu (3/9/2022).

Kata Ibnu, Serikat Media Siber ini penting keberadaannya karena beberapa perusahaan penerbitan juga ada di sini dan anggotanya yang terdaftar hampir 40 media online.

"Tentu sebuah potensi yang besar untuk menjadikan sebagai sarana informasi. Apalagi disaat kita sudah menjelang akhir pandemi, optimisme bangkit dari pandemi dan bangkit dari ekonomi. Pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat itu menjadi penting untuk diinformasikan," ungkap Ibnu Sina.

Ibnu berharap, keberadaan Pengurus ini bisa membina anggota-anggota organisasinya. Sehingga ditengah serbuan media sosial, kita tetap memerlukan informasi-informasi yang valid, yang bisa dipertanggungjawabkan. 

"Jangan sampai nanti informasi itu lebih banyak hoaxnya. Kemudian kita memilih sumber informasi yang valid di mana? Tentu lembaga-lembaga yang online tetapi juga yang bertanggung jawab," tegas Ibnu.

Dikatakan, yang bertanggung jawab tentu organisasinya, kemudian pembinaannya ada, lembaga dengan badan hukum yang jelas, sehingga kemudian dalam pertanggungjawaban dari karya jurnalistiknya itu juga bisa dipertanggungjawabkan. Itu yang paling penting dan terus dibina anggota dan mudah-mudahan bisa menjadi Mitra Pemerintah Daerah, Pemerintah Kota maupun Provinsi dan ini harus diwujudkan dalam kolaborasi sama-sama. 

Jajaran kepengurusan SMSI (Serikat Media Siber Indonesia) Kalsel periode 2020 – 2025 yang dilantik bersamaan dengan pelantikan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) SMSI dan Kepengurusan Milenial Cyber Media (MCM) di Aula Kayuh Baimbai Kantor Walikota Banjarmasin Sabtu (3/9/2022).

Prosesi pelantikan dan pengucapan sumpah dipimpin oleh Ketua Bidang hukum, Arbitrase dan Legislasi SMSI Pusat Makali Kumar SH.

Kepengurusan SMSI Kalsel diketuai  oleh Anang Fadhilah; sedangkan Ketua LBH SMSI H Siswansyah, SH MSi MH; dan Ketua MCM adalah Adam Nugraha.

Para ketua yang dilantik juga menerima Bendera Pataka Organisasi dari Wakil Ketua SMSI Pusat Makali Kumar SH.

Prosesi pelantikan disaksikan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang diwakili Asisten administrasi umum Setdaprov Kalsel Subhan Nor Yaumil, SE MSi, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, perwakilan Danrem 101 Antasari, Polda Kalsel, unsur Forkopimda dan para Mahasiswa serta Perwakilan Organisasi Pers lainnya.

Usai pelantikan,  kegiatan dilanjutkan pemberian Award SMSI Kalsel kepada tiga Tokoh Publik yakni Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dan Danrem Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito SE.  Pemberian Award disampaikan oleh Sekjen SMSI Pusat HM Nasir kepada tiga penerima atau yang mewakili.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor diwakili Asisten Administrasi Umum Subhan Nor Yaumil menyambut baik kehadiran organisasi SMSI Kalsel ini. Dia berharap, keberadaan organisasi ini dapat mendukung kemajuan dunia pers di Kalsel, khususnya di media siber.

Dia juga berpesan, agar media online dapat menghadirkan pers yang bertanggung jawab dengan produk jurnalistik sesuai kaidah yang ditentukan. Diakuinya, media Siber atau online dapat menghadirkan berita dengan cepat dan jangkauan luas namun tentunya tetap memegang teguh kode etik jurnalistik dan pemberitaan berimbang.

“Apalagi saat ini internet tak hanya digunakan di kantor, sekolah  atau tempat publik,  tapi juga di rumah-rumah, karena itu media Siber berpotensi dalam penyampaian berita secara cepat dan update,” kata Subhan.

Sementara Makali Kumar dalam sambutannya, menyampaikan  agar pengurus SMSI Kalsel dapat menjaga martabat organisasi sekaligus menjalankan roda kepengurusan sesuai AD ART yang telah ditetapkan. 

“Semoga kepengurusan dapat berjalan dengan baik dan sesuai amanah,” kata Makali.

Diapun memberikan apresiasi kepada  Pemko Banjarmasin khususnya Walikota Banjarmasin yang dapat memfasilitasi pelantikan di  Aula Kayuh Baimbai.

"Ini pertama kalinya di daerah se Indonesia pelantikan pengurus SMSI dilaksanakan di gedung kantor Pemerintah Daerah, karena itu kami mengampaikan terima kasih kepada Walikota Banjarmasin Ibnu Sina,” kata Makali.

Diapun mengajak pemerintah daerah di Kalsel dapat bermitra sekaligus bersinergi  dengan organisasi SMSI dalam pembangunan ke depan. 

“Karena pers adalah salah satu pilar pembangunan,” kata Makali Umar.

Selain itu SMSI adalah sebuah serikat media terbesar dunia karena jumlah anggota perusahaan media pers Siber yang dinaungi mencapai ribuan. Bahkan untuk itu SMSI mendapatkan rekor MURI atas anggota perusahaan media terbanyak di dunia. 

Sementara itu, Ketua SMSI Kalsel Periode 2020-2025 Anang Fadhilah mengatakan, 
SMSi mendapat penghargaan rekor MURI sebagai Media Online Terbesar di dunia dengan jumlah anggota 1.800 lebih media online. Dan rekor tercepat memberitakan di 1.800 media dengan waktu kurang 7 menit secara bersamaan. Rekor dicapai tahun 2020.
"Pesan ketua SMSI media anggota anggota smsi harus jadi media rujukan media online Pancasila, jadi salah satu pilar demokrasi," ungkap Anang 

Program awal Program pengurus SMSI Kalsel usai dilantik yaitu :
1. Mendata media online yang ada di Kalsel untuk bergabung di SMSI.
2. Membantu anggota SMSI agar bisa terdaftar dan terverifikasi Dewan Pers.
3. Menggelar UKW (Uji Kompetensi Wartawan) Muda, Madya dan Utama di bulan Januari 2023.
4. Audiensi ke Forkompinda di Kalsel.
5. Melakukan pelatihan bidang jurnalistik dan digital marketing.(juns/Ary)
Lebih baru Lebih lama