Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor Pimpin Apel Gerakan Pengendalian Inflasi

BANJARMASIN - Dalam rangka menindaklanjuti arahan presiden RI dalam upaya Pengendalian Inflasi di Kalimantan Selatan, Senin, 24 Oktober 2022 Pemprov Kalsel menggelar Apel Gerakan Pengendalian Inflasi  di Kalimantan Selatan yang dipimpin Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor dan dihadiri oleh Jajaran FORKOPIMDA, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalsel, beserta unsur terkait lainnya dengan peserta karyawan-karyawati Pemprov Kalsel. 

Pada kesempatan tersebut dilakukan Gerakan Menanam Cabe sebanyak 10 ribu bibit cabe, penyerahan paket sembako kepada penerima manfaat. 
Juga dilaksanakan pasar murah yang berlokasi di sekitaran Pasar Kemakmuran Kotabaru sebagai daerah sampel pencatatan inflasi di Kalsel. 

Gubernur Sahbirin Noor meminta kepada semua Jajaran Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk bersinergi dan berkolaborasi, dan para pelaku usaha untuk bahu-membahu dalam upaya menjaga ketersediaan bahan pokok dan barang lainnya serta menjaga stabilitas harga, agar tidak memberatkan masyarakat dalam upaya menjaga daya beli terhadap kebutuhan sehari-hari. 

Drs H Birhasani MSi, Kadisdag Perdagangan Provinsi Kalsel menjelaskan, upaya jangka pendek pengendalian inflasi yang paling penting adalah menjaga stabilitas dan kelancaran pasokan barang, khususnya bahan pokok. 

"Ini penting, mengingat sebagian barang kebutuhan pokok masyarakat Kalsel masih tergantung pasokan dari luar Kalsel, seperti gula, bawang, minyak goreng, kedelai, cabe, juga telur ayam ras, dan tepung terigu. Alhamdulillah kondisi ketersediaan barang tersebut sekarang aman, karenanya masyarakat tidak perlu khawatir, meski ada diantaranya yang tidak bisa tidak mengalami kenaikan harga akibat naiknya biaya ekspedisi," ungkap Birhasani. 

Program jangka pendek lainnya, yaitu melaksanakan pasar murah. Sesuai dengan arahan dari Gubernur Kalsel, pasar murah  dilakukan ke seluruh Kabupaten dan Kota se Kalsel  bekerjasama TPID Kalsel, Pemda Kabupaten/Kota dan pelaku usaha, tentunya barang yang dijual di pasar murah ini harganya jauh lebih murah dibandingkan harga di pasar setempat.

Berikut aktifitas pasar murah di kabupaten Kotabaru, Senin 24 Oktober 2022.

Data kegiatan pasar murah di halaman Limbur Raya,  Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru pada 24 Oktober 2022 :
1. Kegiatan dihadiri oleh Kadis Perdagangan Kabupaten Kotabaru beserta Jajaran.
2. Kegiatan pasar murah diikuti oleh Disdag Provinsi Kalsel, Disbunnak Provinsi Kalsel, Dinas TPH Provinsi Kalsel, Dislautkan Provinsi Kalsel, DKP Provinsi Kalsel, Bulog, Agen Beras, Dinas Pertanian Kabupaten Kotabaru, Dinas Perikanan Kabupaten Kotabaru, Disdag Kabupaten Kotabaru, Agen LPG 3kg , dan Bank BPR.
3. Barang yang dijual seperti telur, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, beras, sayur-sayuran, tepung, teh dan gas LPG 3 kg.
4. Antusias dan daya beli masyarakatnya sangat tinggi, masyarakat yang datang langsung menyerbu barang pokok yang dijual, barang yang dijual oleh semua SKPD habis terjual.***juns (info Disdag Kalsel)
Lebih baru Lebih lama