Dengan BerMatematika Dapat Menciptakan Generasi Emas

BANJARMASIN - Wajah Khairin Nafis, Siswa SMAN 1 Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel, Jum’at (11/11/2022) berbinar gembira, karena dia berhasil meraih Juara Kedua Lomba Gebyar Matematika, yang dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Himaptika) FKIP ULM Banjarmasin. Sehingga persiapan satu bulan, tidak sia-sia.

Khairin kepada RRI menuturkan, dalam kegiatan itu, untuk babak penyisihan ada 15 soal, semifinal 5 soal, dan untuk final 4 soal. Semifinal dan final selama dua hari. Sedangkan pada babak penyisihan beberapa hari. Sehingga dirinya yang didampingi Guru, bermalam di Wisma Guru yang berada di area FKIP ULM Banjarmasin.

Setelah meraih kemenangan yang baru pertamakali diraihnya itu, dari beberapakali ikutan lomba untuk Matematika maupun Mata Pelajaran lainnya, menurut penyuka Mata Pelajaran Matematika dan Kimia ini, target-target berikutnya bakal ikut lomba-lomba lagi. Kalau sempat.

Dalam mempelajari pelajaran sekolah, Khairin mempunyai pola tersendiri, yaitu belajar sebelum pelajaran tersebut diajarkan di sekolah.

“Belajar materi sebelum diajarkan. Belajar duluan. Jadi pas udah diajarkan, jadinya belajar dua kali,” ungkap Khairin.

Ketika mendapatkan kesulitan dalam belajar, Khairin mengakui, bisa menanyakannya sama Kakak Kelas, ke Guru ataupun di Internet bisa dicari.

Sedangkan Sekretaris Himaptika FKIP ULM Banjarmasin, Khairini mengatakan, dalam kegiatan ini, pendaftaran sudah inklud dengan menginap yang disediakannya di  Wisma Guru dan Wisma Taman Budaya. Sehingga bagi peserta dalam Kota, bisa menginap dan bisa juga tidak menggunakan penginapan yang sudah disediakan panitia.

“Untuk penyisihan satu hari. Senin kemaren semifinal CCM (Cerdas Cermat Matematika) tingkat SD. Selasa Semifinal tingkat SMP dan SMA. Hari kamis final SD, SMP dan SMA. Hari ini (Jum’at, 11/11/2022) final Kuis,” ungkap Khairini.

Untuk kendala kegiatan, hanya masalah rundown yang mundur. Karena katanya, ada cerdas cermat, yang mana ada nilai siswa sama, sehingga ada babak tambahan, yang membuat terjadinya pengunduran waktu.

Kegiatan ini diikuti para pelajar dari Kalsel dan Kalteng.

“Harapannya seperti tema, dengan berMatematika itu diharapkan dapat menciptakan generasi emas. Semoga tahun kedepannya. Siswa banyak mengeluh momok Matematika. Dengan adanya gebyar matematika ini, para siswa termotivasi lagi untuk lebih belajar Matematika,” ungkap Khairini. 

Dalam kegiatan Gebyar Matematika 2022 ini, kegiatan berupa Cerdas Cermat dan Kuis. Diikuti oleh pelajar mulai dari tingkat SD sampai SMA. Peserta boleh memilih salah satunya ataupun mengikuti keduanya. Cerdas cermat bergrup 3 orang.  Sedangkan untuk Kuis secara individu.***juns
Lebih baru Lebih lama