Jum'at Berkah SMKN 3 Banjarmasin Silaturahmi Shalat Jum'at Dan Makan Bersama

BANJARMASIN - Bersama-sama silaturahmi dalam rangka Jum'at Berkah yang merupakan Program yang sudah dicanangkan.

Sehingga ada Jum'at Amal, Jum'at dakwah dan Jum'at Berkah, yang diungkapkan Kepsek SMKN 3 Banjarmasin Mohammad Ali Muksin, SPd MM, memberikan makanan dan minuman kepada para jemaah yang ada di mesjid El Rusydi SMKN 3 Banjarmasin.

"Ini juga merupakan donasi kepedulian dari warga sekolah Kalau tahun sebelumnya dilakukan penyediaannya oleh Bapak Ibu Guru berkolaborasi dengan Siswa, saat ini yang membedakan adalah SMKN 3 Banjarmasin memiliki Kantin Mesjid El Rusydi, yangmana ini adalah pembelajaran yang sangat bagus bagi warga sekolah," ungkap Ali, seraya menambahkan, kegiatan ini memberdayakan Mesjid melalui unit usaha kantin. 

Disebutkan, SMKN 3 Banjarmasin merupakan Pilotingnya Badan Layanan Usaha daerah (BLUD) Provinsi Kalsel, BLUD SMK, yang terkait dengan kantin Mesjid, mereka meyakinkan kepada seluruh Warga Sekolah dan Masyarakat luas, yang khusus Kantin Mesjid, semua anak-anak yang berbelanja maupun Guru, untuk beramal, sehingga hasilnya murni 100 persen kembali kepada kemakmuran kas Mesjid. Dari Mesjid untuk Mesjid, Dari Umat kembali untuk Umat. Jadi semakin meriah, karena ada di Kantin Sekolah dengan konsep Jum'at Berkah tersebut.

Sedangkan Ketua Pokja Program Tahfiz SMKN 3 Banjarmasin Drs H Ahmad Rizqon MPdI, mengatakan,  usai shalat Jum'at, seperti hari ini (27/1/2023) menjadi program dari Cafe Mesjid El Rusydi melaksanakan Jum'at berkah. Kegiatan ini memberikan makan kepada Para Jemaah, selesai Shalat jum'at, dengan cara mereka yang lebih awal datang, atau Siswa yang membantu dalam persiapan pelaksanaan Shalat Jum'at. Mereka mendapatkan kupon dan mereka bisa menyerahkan kupon itu untuk diganti dengan menu makanan. 

Untuk dana Jum'at Berkah, kata Risqon, donasi dari Jemaah yang memberikan secara khusus ke Mesjid, sehingga oleh Mesjid diserahkan kepada Cafe Mesjid untuk menyiapkan menunya. Programnya setiap minggu, setiap Jum'at. Jumlahnya berbeda-beda, tergantung dari donasi dan permintaan dari Jemaah.

"Apakah itu orangtua, apakah itu ada dari Guru-guru yang ingin memberikan donasinya dalam bentuk Jum'at Berkah," pungkas Rizqon.[Junaidi]
Lebih baru Lebih lama