Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Jamkrida Sejahtera Merdeka Dukung Pengembangan Ekonomi Banua

BANJARBARU - Sampai saat ini, kata Muhamad Jairani Ketua Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Jamkrida Sejahtera Merdeka, sudah memiliki Anggota sebanyak 1.553 orang dengan 6 cabang seperti di Cabang Perdagangan, Handil Bakti, Kampung Melayu, Sungai Lulut, Cempaka dan Cabang Antasari.

"Calon anggota yang akan mendaftar, bisa menghubungi cabang terdekat," pesan Jairani, Jum'at (9/6/2023) sore, usai pembukaan kegiatan di Banjarbaru.

Disebutkannya,  koperasi ini terbuka untuk umum. Pendaftaran dengan membayar simpanan pokok dan simpanan wajib.

"Simpanan pokok kita kecil. 15 ribu rupiah. Simpanan wajib kita 10 ribu rupiah perbulan," jelas Jairani.

Yang mendaftar kata Jairani, boleh umum dan juga boleh pedagang. Sedangkan untuk mempermudah proses jaminan pembiayaan, kata Jairani, dapat menjaminkan barang elektronik maupun sepeda motor. 
Pembiayaan tergantung di barang jaminan, semisal jaminan ponsel dan ditaksir nilainya 3 juta rupiah, maka pembiayaan diberikannya 3 juta rupiah. Bahkan pinjaman bisa mencapai 200 juta rupiah. Dengan jangka waktu pembiayaan berbasis gadai dengan proses gadai 14 hari waktunya, dan untuk pembiayaan yang digodok bisa sesuai permintaan nasabah yang sesuai juga dengan kesepakatan bersama, karena koperasi ini berbasis syariah dan bertujuan keberkahan saling membantu.

Sedangkan Sekda Kalsel Roy Rizali Anwar mengharapkan, acara tersebut berjalan lancar dan Sumber Daya Manusia (SDM) Koperasi di Wilayah Kalimantan Selatan juga memiliki kompetensi dan sertifikasi yang memang dapat meningkatkan kinerja koperasi yang ada di Kalimantan Selatan.

Dia menegaskan, Pemda Provinsi Kalimantan Selatan pasti mendorong untuk hal ini.

"Dari regulasinya sudah mengatur bahwa setiap personil ataupun Anggota koperasi, Pengurus Koperasi diwajibkan untuk memiliki kompetensi, meningkatkan kompetensi. Dan acara hari ini salah satunya dalam rangka meningkatkan kinerja kompetensi SDM tersebut," tegas Roy, menutup pembicaraan.

Sementara itu, Suyanto, Pembina Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Jamkrida Sejahtera Merdeka, menegaskan, hadirnya Koperasi ini untuk meningkatkan keberadaan UMKM yang peranannya sangat besar mendukung perekonomian Kalimantan Selatan.

Kegiatan selama 3 hari tersebut, diisi dengan pemberian materi dan diakhiri dengan kegiatan Uji Kompetensi Manajer KSPPS, yang dilaksanakan 
pada hari terakhir di hari Minggu.[Junaidi]
Lebih baru Lebih lama