Perkembangan Ekonomi Syariah Jadi Perhatian Jajaran Kementerian Keuangan Satu Kalimantan Selatan

BANJARMASIN - Dalam kegiatan Press Release Perkembangan APBN Kalimantan Selatan yang digelar Jajaran Kementerian Keuangan Satu Kalimantan Selatan di Aula Kanwil Perbendaharaan Kalimantan Selatan, Rabu 27/12/2023, disinggung juga perkembangan Ekonomi Syariah.

Menjawab pertanyaan terkait perkembangan tersebut, Kepala Kanwil Perbendaharaan Kalimantan Selatan Syafriadi menyebutkan, pihaknya juga sudah bertemu dengan Jajaran Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Kalimantan Selatan.

Memang untuk di Pusat, ada Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Dari pertemuan tersebut tentunya banyak harapan untuk mendorong kemajuan ekonomi syariah di Kalimantan Selatan.

Ada beberapa contoh perkembangan kemajuan perekonomian syariah, seperti Koperasi Konsumen Syariah Ar Rahmah Kalimantan Selatan yang diketuai oleh Sutjipto.

Informasi Sisa Hasil Usaha (SHU) yang dibagikan pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2022 sebesar 790 juta rupiah. Sedangkan total 5 miliar rupiah lebih SHU yang dihasilkan Sejak tahun 2012 sampai 2022. Ini tentu sangat luar biasa.

Lihat tabel perkembangan tersebut

Lalu kita lihat juga perkembangan sektor perumahan yang berbasis syariah dan bekerjasama dengan Bank-bank Syariah dalam penjualan rumah tersebut, yang berhasil dikembangkan Mahatama, dan diungkapkan Pemilik Perusahaan Pengembang Perumahan tersebut Royzani Sjachril, yang juga Ketua Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) Korwil Banjarmasin, bahwa minat masyarakat sangat besar dengan pola syariah tersebut.

Di sektor perbankan syariah seperti Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Barkah Gema Dana, yang diungkapkan Direktur Ahmad Rizini, target untuk 2023 sudah tercapai dengan tabungan hadiah langsung yang cukup diminati masyarakat, karena tabungan tersebut memberikan hadiah langsung sesuai keinginan nasabah dan mendapatkan bagi hasil.

Melihat perkembangan ekonomi syariah di Kalimantan Selatan khususnya dan Indonesia umumnya, maka prosfek perkembangan ekonomi syariah 2024 semakin cerah, apalagi sudah ada Bank Syariah Indonesia dari tiga bank syariah yang bergabung menjadi satu kekuatan tersebut. 

Selamat datang Ekonomi Syariah untuk kehidupan umat yang lebih baik.[Junaidi]
Lebih baru Lebih lama