Volunteer Goes To School HKBN 2024

 

Banjarmasin, Kamis 2 Mei 2024, Derap Jurnalis - Rumah Zakat Kalimantan Selatan dalam rangkaian Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2024, menyelenggarakan kegiatan kesiapsiagaan bencana yang berlokasi di Mts Arrahmatul Adabiyah, Alalak Selatan, Banjarmasin. 

M. Luthfi Alfin selaku Representative Manager LAZNAS Rumah Zakat Kantor Perwakilan Provinsi Kalsel, "Acara ini juga turut disupport oleh Deddy dan Hanafi dari BPBD Kota Banjarmasin selaku Pemateri dan Kakak-kakak Relawan Rumah Zakat Kalimantan Selatan."

Dikatakan, dalam kegiatan ini diberikan edukasi, pelatihan dan simulasi bencana bersama Guru dan Anak-anak Sekolah.Dengan bekal pengetahuan dan latihan kesiapsiagaan, pihaknya berharap bisa lebih siap dan bisa selamat saat terjadi bencana.

Sedangkan Abdurrahman selaku salah satu Guru Perwakilan dari MTs Arrahmatul Abadiyah, mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Rumah Zakat yang sudah memberikan pengetahuan terkait kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

"Alhamdulillah para Siswa sangat antusias, karena biasanya hanya rutinitas pembelajaran, sekarang mendapatkan pengetahuan baru, terutama terkait bencana, yang langsung disampaikan BPBD Kota Banjarmasin. Harapannya dengan adanya sharing pengetahuan terkait bencana, para Siswa penerus Generasi Bangsa bisa mawas diri, dan tidak gegabah apabila mendapat bencana di sekitar lingkungan masing-masing," ungkapnya.

Agenda tahunan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas semua elemen Masyarakat dalam menghadapi bencana, sehingga dapat menurunkan risiko dan dampak yang ditimbulkan. Selain itu, kegiatan simulasi yang dilakukan berguna untuk melatih kemampuan personil Relawan dan Siswa dalam menanggapi situasi darurat, menguji jalur evakuasi ke titik aman, serta dapat memperkuat koordinasi dengan beberapa Elemen Pihak terkait.***juna

Lebih baru Lebih lama