Hak Paten Kain Sasirangan Resmi Milik Kalsel, Diyakini Bakal Kian Dikenal Luas Publik Nasional



Banjarmasin, 25 Juni 2024, Derap Jurnalis - Kabar gembira datang bagi Masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Kain Sasirangan, Warisan Budaya Tak Benda kebanggaan Banua, kini resmi menjadi milik Kalsel, setelah mendapatkan pengakuan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Indikasi Geografis (IG) dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

Penyerahan Sertifikat IG Kain Sasirangan Kalimantan Selatan dilakukan Senin, 24 Juni 2024, di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, dan diterima oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar.

Pengakuan HKI IG ini menjadi tonggak sejarah penting bagi Kalsel dalam upaya melindungi dan melestarikan Kain Sasirangan. 

Diharapkan dengan status IG ini, Kain Sasirangan akan semakin dikenal luas oleh Masyarakat Nasional dan Internasional, serta mendorong peningkatan Ekonomi Kreatif di Kalsel.

"Dengan HKI IG ini, Kain Sasirangan tidak hanya menjadi milik Masyarakat Kalsel, tetapi juga menjadi aset Bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan," ujar Sekda Roy Rizali Anwar dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Roy Rizali optimis HKI IG ini akan membuka peluang baru bagi pengembangan Kain Sasirangan.

"Kita yakin Kain Sasirangan akan semakin diminati dan dicari oleh wisatawan Lokal maupun Mancanegara," tambahnya.

Perjuangan panjang untuk mendapatkan pengakuan HKI IG bagi Kain Sasirangan akhirnya membuahkan hasil. Pengakuan ini merupakan hasil kerjasama dari berbagai pihak, termasuk Pemerintah Daerah, Pengrajin Sasirangan, Akademisi, dan Budayawan.

Ketua Perkumpulan Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Sasirangan Kalimantan Selatan, Fahruzzaini  berharap, HKI IG ini dapat meningkatkan kesejahteraan para Pengrajin Sasirangan.

"Dengan HKI IG ini, Pengrajin Sasirangan akan terlindungi dari Peniru dan produk Mereka akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi," jelas Fahruzzaini.

Pengakuan HKI IG bagi Kain Sasirangan merupakan langkah awal yang penting. Diperlukan upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas dan branding Kain Sasirangan agar dapat bersaing di Pasar Global.

Dengan kerjasama dari semua pihak, Kain Sasirangan diharapkan dapat menjadi Ikon Budaya Kalsel yang mendunia dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan Ekonomi Kreatif di Kalsel.

Pengutip : 

Dhaffa Athila Rosadi

Sumber : 

LenteraKalimantan.com

Kalsel.AntaraNews.com

Lebih baru Lebih lama