Prestasi Asia Tenggara Dosen ULM dan Siswa Kelas XI MAN IC Tanah Laut Kalsel

 

Banjarmasin, Derap Jurnalis - Dosen ULM Banjarmasin Dr. Dian Masita Dewi,SE.,MM.,

dan putranya yang merupakan Siswa MAN IC Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Rizqullah Putra Teruna, berhasil meraih 

Juara ke 3 ( Medali Perunggu) dalam Kompetisi Science Tingkat Asia Tenggara di Penang, Malaysia, 10 - 14 Juni 2024.

Ibu dan anak ini mampu membawa Juara ke 3 (Bronze medalist) dengan Projek Riset berjudul "Potential of Fermented Pineapple Stump and Peel as a Bromelain-Based Enzymatic Debridement Agent For Diabetic Ulcers and Decubitus Ulcers.”


Ajang The 13th Regional Congress The Search for SEAMEO Young Scientists (SSYS) yang diselenggarakan di Penang – Malaysia 10-14 Juni 2024, merupakan Kompetisi Asia Tenggara yang diikuti 600 Orang Peserta Delegasi dari 11 Negara Asia Tenggara. 


Kongres Regional ke 13 SSYS bertujuan untuk mengembangkan Ilmuwan Muda yang kompeten dalam menangani masalah-masalah Masyarakat untuk pembangunan berkelanjutan.


Sehingga diharapkan mampu mendorong Kaum Muda untuk memanfaatkan potensi mereka secara penuh dan kreativitas ketika menghadapi tantangan dalam kehidupan nyata dengan menggabungkan tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). 


Secara khusus, target utamanya meliputi

(a) Meningkatkan Minat kuat dalam pembelajaran sains dan matematika, 

(b) meningkatkan kesadaran tentang hubungan antara Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika (STEM),

(c) meningkatkan kesadaran tentang One Health dan (d) memupuk persahabatan dan jaringan di antara para pemuda ini melalui kongres sains dan matematika, pameran dan kompetisi. 


Oleh karena itu, Kongres Regional ke 13 SSYS berusaha untuk memberikan kesempatan bagi para Pemuda di Kawasan Asia Tenggara untuk mengoptimalkan potensi mereka yang besar dalam mengkonseptualisasikan ide-ide ilmiah dan matematika melalui kerja Tim Intelektual menjadi lebih proyek penelitian yang nyata dan produk inovatif yang akan bermanfaat bagi lingkungan, Masyarakat dan ekonomi.


Kongres ini diselenggarakan oleh SEAMEO (The Southeast Asian Ministers of Education Organization), yang merupakan Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan di Asia Tenggara, adalah Organisasi Antar Pemerintah Regional yang didirikan pada tahun 1965, diantara Pemerintah Negara-negara Asia Tenggara untuk mempromosikan kerjasama Regional dalam pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya di Wilayah tersebut.


Sebagai sebuah Organisasi yang terus mengembangkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan mengeksplorasi potensi Masyarakat sepenuhnya, SEAMEO memiliki Visi dan Misi untuk pembangunan Sumber Daya Manusia di Wilayah Asia Tenggara, khususnya untuk membuat kehidupan yang lebih baik dalam kualitas dan kesetaraan dalam pendidikan, pendidikan kesehatan preventif, budaya dan tradisi, teknologi informasi dan komunikasi, bahasa, pengentasan kemiskinan dan pertanian serta sumber daya alam. 


Pembuat kebijakan tertinggi pada Organisasi ini adalah SEAMEO Council, yang merupakan Menteri Pendidikan dari 11 Negara Asia Tenggara: Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam. 


Menurut Dr. Dian Masita Dewi,SE.,MM., kompetisi ini sangat baik dan berdampak positif untuk mempelajari dan menambah wawasan tentang projek riset, produk Inovasi, teknologi yang dikembangkan di Negara-negara Asia Tenggara, dan mampu menjadi wadah sinergitas yang baik dalam riset dan budaya antar Negara Asia Tenggara. 


Dr. Dian Masita Dewi,SE.,MM selaku peneliti serta penemu Liquid Bromelain Enzyme ini semakin yakin, dua tahun kedepan mampu meraih prestasi yang lebih baik lagi. 


Sedangkan menurut Muhammad Rizqullah Putra Teruna, Siswa Kelas XI MAN IC Tanah Laut, kompetisi Ini memberikan dampak positif dalam menambah wawasan, science dan teknologi, serta mampu meningkatkan rasa percaya diri, motivasi kuat untuk terus mencoba hal baru, tidak hanya dalam berkompetisi pada lingkup dalam Negeri saja, tetapi berani Mengharumkan Indonesia di Kancah Internasional. 


Kemenangan ini membuka peluang besar untuk mendapatkan kesempatan Bea Siswa di seluruh Negara Asia Tenggara.  


Selain Itu, pengalaman mendapatkan teman sesama Scientis Muda di seluruh Negara Asia Tenggara, menjadi pengalaman menarik dalam berkomunikasi dan pengalaman budaya antar Negara. 


Tak lupa Dr. Dian Masita Dewi,SE.,MM mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan HidayahNYA serta Shalawat dan Salam kepada Junjungan kita Rasulullah SAW, tak lupa terima kasih sebesar-besarnya Kepada Rektor ULM, Dekan FEB ULM, Kajur FEB ULM, Kepala MAN IC , TiM Gabungan Jawa Timur, PT TIA, PT CK, Teman-teman di IMA dalam memberikan support dan doa atas keberhasilan ini.


Kedepan, diharapkan support dari Pemerintah Pusat dan Daerah sangat diharapkan untuk mendukung dan memotivasi Para Young Scientis Indonesia khususnya Kalimantan Selatan dalam berkompetisi Skala Internasional.***juna

Lebih baru Lebih lama