Target Bawa Pulang Mendali Emas Di Kejurnas Kungfu 2024 Di Bali, Begini Persiapan Tim Wushu Kalsel


Banjarmasin, Derap Jurnalis - Sebanyak 4 Atlet Wushu Junior dan Senior Kalsel akan mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di Kota Bali, akhir Juni 2024.

Karena itu, semua Atlet Wushu Kalsel mulai mematangkan persiapan guna membawa pulang medali emas pada Kejurnas tersebut.

Bahkan untuk menghadapi Kejurnas ini , para Atlet mengaku sudah melakukan persiapan sejak empat bulan yang lalu.

Pelatih Tim Wushu Kalsel, Arif Tirtana mengatakan, Kejurnas Aliansi Kungfu Tradisional Indonesia (AKTI) itu dijadwalkan berlangsung 27 Juni sampai 1 Juli 2024.

“Karena ini waktunya sudah dekat dengan pelaksanaan, kita latihan mulai intensif fokus mengikuti Kejurnas dengan lebih memperbanyak ke gerakan jurus,” tuturnya.

Pelatih Arif Tirtana menyebutkan, Atlet Wushu Kalsel bisa membawa pulang banyak mendali, karena tiap Atlet bisa mengikuti banyak kategori atau nomor yang dipertandingkan.

Meskipun begitu, dirinya tidak menganggap remeh Atlet Wushu Provinsi lain. Terlebih, kontestan yang menjadi lawan terberat diantaranya berasal dari Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Lampung dan Tuan Rumah Bali.

"Atlet dari Provinsi tersebut lumayan kuat, dan tentunya mereka latihan dengan fasilitas yang mendukung. Beda dengan kita yang seadanya,” tuturnya.

Bahkan Atlet Wushu Kalsel terkendala fasilitas, seperti matras tidak ada dan keterbatasan sumber daya pelatih yang mempunyai sertifikat. Tapi, hal tersebut bukan menjadi alasan, pihaknya tetap optimis dan meyakini bisa membawa pulang medali untuk Kalsel.

Salah satu Atlet Wushu Kalsel yang akan bertanding pada Kejurnas tersebut, Carlota Masaccio Mauren mengaku, optimis bisa membawa pulang medali.

Mahasiswi Komunikasi Semester 4 di Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari (UNISKA MAB) ini akan turun mewakili Kalsel pada kategori tangan kosong dan senjata pendek AKTI. 

"Kami yakin bisa bawa mendali buat Kalsel, karena sudah latihan dengan sangat matang dan tetap terus optimis. Apalagi ini bukan kali pertama mengikuti Kejuaraan Nasional, tapi bedanya dulu karena covid jadi virtual saja," pungkasnya tegas.***

Lebih baru Lebih lama