Sharing Session Edukasi Reformasi Perpajakan dan Integrasi Renjani-MBKM


Banjarmasin, derapjurnalis.com - Terbukanya Pintu Masuk Program Relawan Pajak ke dalam Program MBKM Mandiri.

Memenuhi Undangan Dari DJP (Direktorat Jenderal Pajak) Kalimantan Selatan dan Tengah, Ketua Tax Center Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan (UNUKASE), Setiafitrie Yuniarti, S.H, M.S.Ak. beserta salah satu Pengurus Tax Center, Yogi Aris Vara Wisnu Wardhana, S.E., M.A. dan Mahasiswa Relawan Pajak, Nova Raudhatul Jannah, menghadiri Sharing Session Edukasi Reformasi  Perpajakan dan Integrasi Renjani MBKM Mandiri yang digelar Selasa 24 September 2024 di Ruang Multimedia Lantai 2 Gedung Kantor Utama Politeknik Negeri Banjarmasin. 

Sharing Session ditujukan untuk memberi ruang bagi seluruh Tax Center yang bekerjasama dengan DJP Kalselteng dalam memberikan pendapat terkait reformasi perpajakan yang sudah dilakukan serta bagian yang paling utama adalah Integrasi Renjani ke dalam Program MBKM Mandiri. 

Program Renjani (Relawan Pajak untuk Negeri) merupakan program yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk mempermudah sinergi antara Kampus dengan DJP, dalam upaya peningkatan kepatuhan pajak. Para Mahasiswa dan berbagai kalangan lainnya yang ingin turut andil dapat mendaftarkan diri mereka sebagai Calon Relawan Pajak dan diseleksi melalui Tax Center Kampus. Setelah itu mereka akan melalui proses pelatihan dan jika terpilih sebagai Relawan Pajak, mereka dalam penempatannya di Kantor-kantor Pajak membantu sosialisasi, pendampingan, dan upaya-upaya lain yang mendorong peningkatan kepatuhan pajak.

Sharing Session mengundang 11 Perwakilan Tax Center yang bekerjasama dengan DJP Kantor Wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah, diantaranya dari Tax Center Universitas Antakusuma Pangkalan Bun, Tax Center Universitas Darwan Ali Sampit, Tax Center Universitas Sari Mulia Banjarmasin, Tax Center Universitas Ahmad Yani Banjarmasin, Tax Center Politeknik Negeri Tanah Laut, Tax Center Politeknik Negeri Banjarmasin, Tax Center Universitas Lambung Mangkurat, Tax Center Universitas Palangka Raya, Tax Center STIEI Banjarmasin, Tax Center UIN Antasari Banjarmasin, dan juga Tax Center UNUKASE.

Narasumber dalam Sharing Session adalah Samtri Dortua Gultom, Pelaksana Seksi Pengembangan Penyuluhan I Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, dan Rehbina Sukmasari, Kepala Seksi Dukungan Penyuluhan Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak. Mereka menjelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan pelaksanaan Renjani dan Renjani diintegrasikan ke dalam Program MBKM Mandiri di Universitas-universitas yang menjadi Piloting Project. Terdapat tiga (3) Universitas yang menjadi piloting project integrasi Renjani-MBKM Mandiri yaitu Politeknik Negeri Batam, Universitas Brawijaya, dan Universitas Gunadarma.

Setelah pemaparan, diskusi dibuka. Walaupun menyampaikan berbagai kendala yang dihadapi, para Peserta Perwakilan Tax Center sangat menyambut baik integrasi ini dan menyampaikan harapan-harapan mereka untuk integrasi Renjani-MBKM. 

“Ini merupakan langkah baik agar Mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman berharga sebagai Relawan Pajak, namun juga dengan integrasi ini mereka dapat memperoleh penilaian dalam mata kuliah yang berkesesuaian dengan kegiatannya sebagai Relawan paPjak” kata Ketua Tax Center UNUKASE.(MPD)

Lebih baru Lebih lama