ULM Latih Masyarakat Desa Guha Membuat Sabun Serai Anti DBD



Barabai, HST, Derap Jurnalis -  Kalimantan Selatan merupakan daerah endemis DBD, dimana hampir seluruh Kabupaten/Kota ditemukan kasus DBD setiap tahunnya. Pada tahun 2023 data rekapitulasi kasus DBD di Kalsel sebanyak 3.113 kasus dengan 20 kematian akibat DBD dan tahun 2024 sampai tanggal 30 Januari tercatat 1.124 kasus dengan 8 kematian.

(diskominfomc.kalselprov, 2024).


Berdasarkan Kabupaten/Kota, Hulu Sungai Tengah merupakan wilayah Kabupaten di Kalimantan Selatan dengan jumlah kasus DBD tertinggi ke 2 dari 13 Kabupaten /Kota, dengan jumlah kasus sebanyak 122 dan 1 kasus meninggal selama bulan Januari 2024. (diskominfomc.kalselprov, 2024).


Serai atau lemongrass (Cymbopogon citratus) merupakan tanaman dengan aroma yang menyenangkan dan menenangkan. Serai mengandung citronella, minyak alami yang terkenal di seluruh dunia sebagai bahan alami pengusir nyamuk (Roza, Liszulfah, et al, 2020). Citronella dari serai memiliki bau yang menyengat sehingga mampu mengusir nyamuk dalam waktu 2,5 jam  dan terbukti mengurangi gigitan serangga tersebut hingga 40 persen (healthline, 2023). 


Potensi inilah yang membuat tanaman serai menjadi salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk anti nyamuk aedes aegypti yang  merupakan  vektor  berbagai  penyakit  seperti  Demam  Berdarah  Dengue (DBD).


Selama ini banyak masyarakat yang belum mengetahui khasiat serai dalam mengusir nyamuk, serai hanya dimanfaatkan sebagai bahan bumbu dapur dan harganya sangat murah. 


Menurut Dr. Dian Masita Dewi,SE.,MM selaku Ketua Program Study Eco Enzyme ULM  dan Ketua Tim Pelaksana Program menyatakan, pelaksanaan pelatihan pembuatan sabun serai di Desa Guha HST ini merupakan bentuk pengabdian Dosen ULM kepada masyarakat sebagai upaya membantu dan memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Fokus kegiatan ini adalah 

1. meningkatkan nilai ekonomis serai menjadi produk sabun mandi cair, 

2. Produk sabun mandi cair serai ini menjadi solusi dan upaya preventif untuk mengurangi jumlah penderita DBD di Kalimantan Selatan.

3. Berpotensi menjadi produk inovasi unggulan di Desa Guha dan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

4. Produk Sabun mandi cair serai ini memiliki keunggulan dibanding sabun cair dipasaran karena berbahan alami dan mengandung serai.

5. Fungsinya bukan hanya sebagai pembersih tubuh tetapi dapat menghindari pemakai dari gigitan nyamuk khususnya nyamuk aedes aegypti vektor penyebab DBD.

6. Selain itu Sabun serai ini sangat lembut di kulit, tidak mengiritasi dan memiliki PH sesuai PH normal kulit.

7. Adanya produk sabun cair serai ini juga menjadi jawaban bagi masyarakat ditengah tuntutan boikot pada produk kebersihan dan kesehatan  yang tidak terafiliasi zeonis. 


Dr. Dian Masita Dewi,SE.,MM juga menyatakan bahwa pelatihan ini sangat baik dan bermanfaat sehingga dapat diterapkan oleh instansi pemerintah sebagai program pemberdayaan masyarakat dan bagi perusahaan BUMN dan swasta sebagai bagian dari community development.


Dr.Dian Masita Dewi,SE.,MM menyediakan paket pelatihan bagi instansi dan program CSR yang menginginkan untuk pelaksanaan pelatihan sebagai instruktur dalam pembuatan sabun cair tidak terbatas hanya sabun serai namun dimungkinkan untuk tanaman alam berkhasiat lainnya. Peluang kerjasama sangat terbuka baik untuk pelatihan pengolahan limbah organik berbasis Eco Enzyme ataupun pelatihan pembuatan aneka sabun cair berbahan alam. Silahkan menghubungi No WA 082154105152 atau 081346425923 

References

discominfomc. (2024, 2 2). GERAKAN PSN 3M PLUS: UPAYA PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN DBD DI KALSEL. 


Retrieved from Website Resmi Provinsi Kalimantan Selatan: https://kalselprov.go.id/berita/eyJpdiI6InhSb1NucHV1UnlsTUk3M1VKRzZpc1E9PSIsInZhbHVlIjoiK1VWdW9MZzZwNGdZVHo4eWNDajZCUT09IiwibWFjIjoiMDY1MDUyYjRmOTc5ZTczZTVjMzIxMzU0NjcwYzA2MjM3MWUxNWIyMjUzNDVlOWYzYWUxYzM5ZjIzYTg1NWVlNCJ9

diskominfomc.kalselprov. (2024, 1 30). Pemprov Kalsel Antisipasi Penyebaran DBD di Kalsel. 


Retrieved from Media Center Portal Berita Kalimantan Selatan : https://diskominfomc.kalselprov.go.id/2024/01/30/pemprov-kalsel-antisipasi-penyebaran-dbd-di-kalsel/

healthline. (2023). 10 Natural Ingredients That Repel Mosquitoes. Retrieved from Healthline.com: https://www.healthline.com/health/kinds-of-natural-mosquito-repellant#summary

Roza, Liszulfah, et al. (2020). Pelatihan Pembuatan Sabun Mandi Ekstrak Minyak Sereh sebagai Sabun Anti Nyamuk Bagi Ibu PKK Kecamatan Ciracas Jakarta Timur. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3), 707-714. doi:10.30653/002.202053.240

Lebih baru Lebih lama