Dinas Sosial Kalsel Terlibat Pembasahan Lahan Cegah Karhutla



Banjarmasin, derapjurnalis.com -Menghadapi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang telah diarahkan Gubernur Sahbirin Noor, maka Jajaran Dinas Sosial Kalimantan Selatan tegas H Achmadi S Sos selaku Kabid Penanganan Bencana, bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Selatan dan Instansi Terkait lainnya, terus melakukan pembasahan di Area Rawan Kebakaran tersebut. Disebutkan Achmadi, ring satu Bandara seputaran jalan Golf Ujung yang merupakan kawasan rawan bencana yang juga Kawasan Hutan Lindung. 


"Kami bersama Dinas Terkait yang dikoordinir BPBD Kalsel, hingga hari ini di hari kedelapan, kami berjibaku untuk memberikan pembasahan di areal yang luasnya sekitar 146hektar dan berjibaku dari jam 7 pagi sampai jam 8 malam,' ujar Achmadi, Kamis (3/10/2024).


Ditegaskan, untuk hari libur Sabtu dan Minggu, Pihaknya juga tetap menyiagakan Petugas dan itu tetap dilaksanakan dengan baik. Walaupun ada acara keluarga, hal ini tidak mengganggu jadwal tugas mereka, dan ini tegas Achmadi, sudah biasa mereka laksanakan.


"Petugas kami selain melakukan pembahasan bersama Instansi Terkait tadi, juga siaga dalam pemadaman jika ada lahan yang terbakar," Achmadi menambahkan.


Prediksi hujan akan turun mulai pertengahan Oktober ini, diharapkan dapat membantu pembasahan tersebut dan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) diharapkan tidak terjadi.*****juna

Lebih baru Lebih lama