Forum Puspa Kalsel Menginspirasi Forum Puspa Kalteng



Banjarmasin, derapjurnalis.com- Forum Puspa Kalsel mendapat kunjungan dari Forum Puspa Kalteng dan Kapuas. Kegiatan dilaksanakan di Aula Banjarmasin Creatif HUB.


Kepala DP3AKB Provinsi Kalsel yang diwakili Pandu menyatakan, sejak dilantik pada 2022 hingga sekarang, Forum Puspa Kalsel mulai melakukan aksinya, meskipun saat itu belum ada tanda-tanda bantuan dana dari Provinsi, tapi Forum Puspa terus berkegiatan dengan mengemban amanat lima arahan Presiden RI.  


Tahun 2023 ada tiga kegiatan dari DP3AKB Kalsel yang diserahkan ke Forum Puspa Kalsel.


"Sehingga  kiprahnya sebagai Mitra Instansi DP3AKB Kalsel lebih terasa," ujar Pandu, Sabtu (5/10/2024).



Sedangkan Mariani sebagai Ketua Forum Puspa Kalsel  berterimakasih kepada Gubernur Kalsel yang berkenan memberikan hibah  ke Forum Puspa Kalsel lewat DP3AKB Kalsel.


Hal ini menurutnya, sangat membantu dalam  melaksanakan  program kerja yang telah dicanangkan di 2024.


"Alhamdulillah seluruh program yang dicanangkan semuanya sudah dilaksanakan  sesuai rencana dan terakhir kemaren melaksanakan kunjungan kerja ke enam Banua di Kalimantan  Selatan. Ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui perkembangan Forum Puspa  di Kabupaten/Kota se Kalsel," ujar Mariani.


Diantara hasil Kunjungan Kerja (Kunker) ada rencana untuk Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Puspa se Kalsel kalau semua Kabupaten/Kota sudah terbentuk. 


Kegiatan yang dilakukan Forum Puspa Kalsel ternyata menginpirasi   Forum Puspa Kalteng dan Kapuas untuk mencoba menerapkan beberapa program kerja Kalsel  di daerah mereka. Diantaranya, membentuk Koperasi, Rumah Mediator, Lembaga Konsultasi Hukum dan Rumah Aman, serta bagaimana membangun Bank Sampah dan Pemberdayaan UMKM.


DP3AKB Kalsel berharap untuk terus ada kordinasi dan komunikasi secara intens dari berbagai pihak,  sehingga Forum Puspa menjadi bagian yang tidak terpisahkan  dari DP3AKB, terus dapat berkiprah untuk perbaikan kualitas,  sehingga pengabdian untuk Agama, Bangsa dan Negara lebih optimal. 


Dalam kegiatan ini, ada  rekomendasi dari Peserta agar ada program Lintas Banua dan Rakor Regional  Kalimantan, agar kebersamaan lebih terasa.*****

Lebih baru Lebih lama