Gotong Royong Jum’at Bersih di UNUKASE, Wujudkan Kampus Bersih, Nyaman dan Asri



Banjar, 11 Oktober 2024, derapjurnalis.com – Dalam rangka menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan Kampus, Jajaran Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan gotong royong Jum’at Bersih yang melibatkan seluruh Civitas Akademika. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Fakultas. Kegiatan bertujuan untuk menjaga kebersihan dan menciptakan lingkungan Kampus yang nyaman dan asri.

Di Gedung Dakwah, para Pimpinan dan Staf, turut ambil bagian dalam kegiatan bersih-bersih ini. Mereka bekerja sama membersihkan area sekitar Gedung Perkuliahan, Taman Fakultas, hingga Area Parkir. Dengan semangat kebersamaan, para peserta gotong royong tampak antusias menyapu halaman, memotong rumput liar, menebang pohon dan membersihkan di sekitar saluran air untuk memastikan lingkungan Kampus tetap terjaga kebersihannya.

Wakil Rektor III , Dr. Ir. Murjani, S.P., S.I.Kom., M.S., I.P.M., menyampaikan apresiasi atas keterlibatan seluruh elemen Tendik, Dosen dan Mahasiswa pada kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan ini bukan hanya sebagai bentuk tanggung jawab menjaga kebersihan, tetapi juga sebagai implementasi nilai-nilai Islami yang mengutamakan kebersihan. 

“Kegiatan gotong royong seperti ini merupakan wujud nyata dari kebersamaan dan tanggung jawab kita dalam menjaga lingkungan Kampus. Kebersihan adalah bagian dari iman, dan lingkungan yang bersih akan mendukung kenyamanan belajar-mengajar,” ujarnya.

Selain menjaga kebersihan, acara ini juga bertujuan untuk mempererat silaturahmi antar Warga Kampus, meningkatkan rasa memiliki terhadap lingkungan, dan mendukung terciptanya suasana belajar yang kondusif.

Kegiatan Jum’at Bersih di Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan (UNUKASE), diharapkan menjadi agenda rutin yang tidak hanya mempererat kebersamaan antar Civitas Akademika, tetapi juga sebagai wujud nyata dari nilai gotong royong yang sudah lama menjadi bagian dari Budaya Indonesia, dan upaya menjaga lingkungan Kampus tetap hijau dan sehat. Dengan melibatkan seluruh elemen kampus, diharapkan kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan semakin meningkat di kalangan Dosen, Staf, maupun Mahasiswa.

Sebelum melakukan aktivitas, Wakil Rektor III memberikan arahan kepada seluruh Mahasiswa, memberikan petunjuk area yang di bersihkan, dan Kepala Biro  Bagian Akademik, Umum dan Kemahasiswaan ( Yolanda)  memimpin do’a sebelum memulai aktivitas, agar diberi keselamatan dan tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.*****


“Selesai kegiatan Gotong Royong, disediakan minuman, gorengan, dan makanan, hal yang menarik sekaligus membuat kaget mahasiswa, satu gerobak pentol di gratiskan, makan sepuasnya, kami mengira hanya sesaat makan pentol gratis, ternyata sampai habis termasuk minuman dinginnya,” ungkap mahasiswa.    ( MPD)

Lebih baru Lebih lama