Pendidikan Karakter Juga Tanamkan Nilai Arti Perbedaan




Banjarmasin, derapjurnalis.com -PAUD/TK IT Pelita Hati yang merupakan Sekolah dengan mengembangkan Pendidikan Karakter, mendapatkan apresiasi dari Wakil Rektor Satu Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan (UNUKASE) Dr H Jarkawi MMPd.


Menurut Jarkawi, Sekolah ini punya program atau Visi tentang Pendidikan Karakter dan diharapkan bisa dikembangkan lagi tentang toleransi, karena Islam Rahmatan Lil Alamin. Yang memberikan penghargaan terhadap perbedaan. Sehingga punya karakter yang bisa menghargai perbedaan tersebut.


"Kalau Saya mengapresiasi apa yang dibuat PAUD/TK Pelita Hati. Ini satu kreativitas yang perlu diapresiasi. Namun perlu dikembangkan lagi dari sisi lain, yang perlu juga penanaman Karakter Toleransi. Karena Agama Islam Rahmatan Lil Alamin, dia menghargai semua perbedaan," ujar Jarkawi,  Selasa (15/10/2024) sore di kediamannya.


Jarkawi menekankan, dirinya mengapresiasi karena usaha ini sudah bagus, tapi perlu dikembangkan dengan pembentukan Karakter Bertoleransi.


Diakuinya, Buku Pendidikan Karakter yang dibuat dalam sisi Keagamaan/KeTuhanan sangat bagus. Tapi di sisi lain, anak hidup dalam lingkungan berbeda, dalam artian ada Agama lain, dan ada Perilaku berbeda, sehingga perlu ditanamkan sejak dini Pendidikan Karakter menghargai orang lain, mengakui adanya perbedaan, dan ini sudah mengakar di Masyarakat kita yang merupakan Kearifan Lokal. Kita Bangsa Indonesia sangat mudah berasimilasi dengan menghargai perbedaan pendapat, tidak ada pertentangan, dan karakter ini tertanam. Apalagi kehidupan, perlu kedamaian, agar bisa berkreatifitas.


"Implementasi dalam beragama bagaimana kita menghargai dalam perbedaan. Kita bisa ego dalam beragama, tapi tidak membuat orang tentram, tidak bisa juga," Jarkawi mengingatkan.*****juna

Lebih baru Lebih lama